Ungkap Prediksi Tanggal Puncak Arus Mudik-Balik Lebaran 2023, Menhub: Jumlahnya Makin Meningkat

- 7 Maret 2023, 19:10 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi
Menhub Budi Karya Sumadi /Dok Kemenhub


PRFMNEWS - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan prediksi tanggal puncak perjalanan arus mudik dan balik periode Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M.

Selain itu, Menhub Budi Karya Sumadi juga mengutarakan bahwa jumlah pergerakan masyarakat pada masa mudik dan balik Lebaran 2023 makin meningkat dibanding pada tahun 2022.

Prediksi angka peningkatan jumlah pemudik masa Lebaran 2023 ini, kata Menhub, didapat dari hasil survei potensi pergerakan masyarakat yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi (BKT), Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca Juga: Menteri PUPR Ungkap Penyebab Penyelesaian Tol Cisumdawu Molor, Tetap Rampung Sebelum Mudik Lebaran?

Berdasarkan hasil survei tersebut, ujar Menhub, diprediksi pergerakan masyarakat masa Lebaran 2023 akan mencapai 123,8 juta orang.

Jumlah ini meningkat 14,2 % jika dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat di masa Lebaran tahun 2022 lalu yang mencapai 85,5 juta orang.

Menurut Menhub ada beberapa faktor yang menyebabkan potensi jumlah pemudik masa Lebaran 2023 makin bertambah di tahun ini, antara lain tidak adanya PPKM, memasuki masa pra endemi atau mendekati normal pasca pandemi Covid-19.

Baca Juga: Cara dan Syarat Daftar Mudik Gratis Alfamart 2023 Naik Bus dan Pesawat, Bisa Dapat Uang Saku dan Hadiah

Kemudian perekonomian yang semakin membaik, tidak ada pembatasan atau larangan perjalanan, dan persepsi positif dari masyarakat pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2022 lalu.

"Penanganan arus mudik dan balik pada Lebaran tahun ini sangat menantang. Maka itu kami telah menyiapkan langkah antisipasi sejak awal tahun. Selain itu, evaluasi dari penyelenggaraan mudik serta Natal dan tahun baru sebelumnya menjadi bekal penting sebagai pelajaran agar tahun ini bisa lebih baik lagi," tutur Budi, Senin 6 Maret 2023.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah