Ini Daftar Jalan Tol Baru yang Siap Beroperasi untuk Lebaran 2023, Agar Mudik Lebih Lancar

- 1 Maret 2023, 08:20 WIB
Ilustrasi jalan tol yang beroperasi saat mudik Lebaran 2023.
Ilustrasi jalan tol yang beroperasi saat mudik Lebaran 2023. /Jasa Marga

PRFMNEWS - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kebut pembangunan jalan tol baru dan memastikan akan mengoperasionalkan 16 ruas jalan tol baru pada awal tahun ini.

Hal tersebut dilakukan, salah satunya untuk mengantisipasi kepadatan saat libur Lebaran 2023. 16 ruas tol yang difungsikan ini pendek-pendek namun sifatnya sebagai penghubung sehingga akan berperan besar untuk kelancaran lalu lintas.

Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pembangunan proyek infrastruktur jalan tol untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah dan mendorong perekonomian masyarakat.

Baca Juga: Harga Pertamax di Jawa Barat Naik, Termasuk di Bandung Per Hari Ini 1 Maret

Saat ini tengah disiapkan 16 ruas jalan tol baru yang akan diprioritaskan untuk beroperasi fungsional guna mendukung arus lalu lintas mudik Lebaran tahun 2023.

“Kami akan memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan yang didukung dengan bertambahnya ruas jalan tol baru. Pada tahun 2022 ruas jalan tol yang beroperasi sepanjang 142,11 km dan akan ditambah lagi dengan ruas tol baru pada awal tahun ini sepanjang 20,89 km,” ujar Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedi Rahadian.

“Jaringan jalan kita sekarang, kita rancang dari strategi jaringan backbone-nya jalan tol. Jadi kalau kita bangun jalan tol di mana-mana itu maksudnya untuk menekan travel time. Variabelnya transport cost, jadi kalau waktu perjalanan lebih panjang pasti biaya transportasinya akan tambah mahal,” sambungnya.

Untuk diketahui, saat ini jaringan jalan yang dirancang menggunakan strategi jaringan backbone-nya jalan tol. Banyak jalan tol yang saat ini dibangun di mana-mana salah satunya untuk menekan travel time dengan variable transport cost sehingga bila waktu perjalanan lebih panjang akan membuat biaya transportasinya lebih mahal.

Jalan tol yang siap fungsional pada Lebaran 2023 ini akan pendek-pendek tetapi sifatnya menyambungkan sehingga perannya juga sangat penting.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Kementerian PUPR


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x