Pemerintah Pastikan Kesiapan Vaksin Covid-19 Secara Aman, Tepat, dan Cepat

- 24 Juli 2020, 21:02 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 24 Juli 2020.
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat 24 Juli 2020. /


PRFMNEWS - Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah Indonesia akan berusaha keras untuk menyediakan proteksi kepada masyarakat dengan memproduksi atau menyediakan vaksin Covid-19 yang aman, tepat, dan cepat.

“Harapannya nanti akan bisa selesai dalam waktu yang memadai dan produksinya nanti bisa dilakukan,” ujar Wiku di Kantor Presiden, Provinsi DKI Jakarta, Jumat (24/7).

Namun demikian, Wiku mengakui bahwa dalam rangka kerja sama antara Bio Farma dan Sinovac juga ada inisiatif-inisiatif lain yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam rangka kemandirian bangsa.

Baca Juga: Sekolah Inklusi, Pendidikan Praktik, dan Sarana Olahraga di Kota Bandung Diberikan Relaksasi

“Sudah pasti bahwa kita menginginkan bahwa produksi vaksin akan dilakukan oleh perusahaan yang berasal dari Indonesia, sementara ini PT. Bio Farma, sebuah BUMN, demikian juga ada rencana dengan pihak swasta yaitu PT. Kalbe dan nanti tentu akan berkembang dengan berbagai alternatif dan potensi lainnya di Indonesia,” kata Wiku menambahkan.

Dikutip prfmnews.id dari laman resmi Sekretariat Kabinet, dalam pembuatan vaksin ini juga lanjut dia turut dibentuk tim pakar di bidang vaksin dan obat untuk memastikan bahwa kandidat vaksin yang dibuat betul-betul sesuai dan cocok untuk kepentingan perlindungan kepada masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Jordan Henderson Pemain Terbaik Liga Inggris 2019/2020 Versi Wartawan Sepak Bola Inggris

“Perlu kami sampaikan bahwa dalam perkembangan vaksin ini pemerintah Indonesia memprioritaskan tentang 3 hal penting, yaitu; pertama, aman, yang kedua adalah tepat, yang ketiga adalah cepat,” jelasnya.

Menurut Wiku, yang dimaksud dengan aman adalah vaksin tersebut harus mampu memberikan perlindungan kepada masyarakat Indonesia dan tidak ada efek samping.

“Harus tepat, artinya betul-betul vaksin tersebut bisa menimbulkan kekebalan spesifik pada virus yang beredar di Indonesia,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x