Waspada Penipuan Daftar Kartu Prakerja 2023 Modus Buka Rekening dan Download Aplikasi, Ini Cara Bedakannya

- 25 Januari 2023, 08:00 WIB
Web prakerja.go.id.
Web prakerja.go.id. /Portal Purwokerto/Renny Tania/Portal Purwokerto

PRFMNEWS – Terjadinya aksi penipuan pendaftaran Kartu Prakerja tahun 2023 secara offline baru-baru ini marak dilaporkan masyarakat melalui media sosial (medsos).

Sejumlah masyarakat mengaku diminta membuka rekening Bankmaupun men-download aplikasi bank digital untuk bisa mendaftar jadi peserta Kartu Prakerja 2023.

Padahal, periode pendaftaran Program Kartu Prakerja 2023 belum dibuka pada Januari 2023 ini.

Lalu, bagaimana cara membedakan dan mengetahui bahwa prosedur pendaftaran peserta Kartu Prakerja 2023 Kemnaker ini adalah benar dan resmi alias bukan penipuan?

Baca Juga: Benarkah Daftar Kartu Prakerja Harus Buka Rekening Dulu? Begini Fakta Sebenarnya

Pertama hal yang harus diperhatikan bahwa Kemnaker hanya membuka pendaftaran peserta Kartu Prakerja 2023 secara online melalui website resmi www.prakerja.go.id.

Sehingga dipastikan, jika ada oknum tak bertanggung jawab yang mengaku bisa membantu mendaftarkan jadi peserta Kartu Prakerja 2023 secara offline, itu adalah hoaks dan penipuan.

“Pendaftaran dan input data hanya dilakukan melalui www.prakerja.go.id dengan tampilan web, bukan aplikasi atau Google Form,” tulis penjelasan unggahan di akun Instagram resmi Kartu Prakerja.

Ingat lagi bahwa proses pendaftaran Kartu Prakerja 2023 belum dibuka Kemnaker pada Januari ini. Pantau pengumuman resminya hanya di akun medsos resmi Kartu Prakerja dan Kemnaker.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x