Persaingan Capres Pemilu 2024 Mengerucut ke 3 Nama Tapi Nama Moeldoko Bisa jadi Kuda Hitam, Menurut Riset LKP

- 8 Desember 2022, 18:20 WIB
Pemaparan Lembaga Klimatologi Politik (LKP) terkait hasil riset survei nama Capres Pemilu 2024.
Pemaparan Lembaga Klimatologi Politik (LKP) terkait hasil riset survei nama Capres Pemilu 2024. /TOMMY RIYADI/PRFMNEWS

PRFMNEWS - Persaingan bakal calon presiden (Capres) jelang Pemilu 2024 semakin mengerucut pada tiga tokoh papan atas dalam rating survei.

Mereka adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anis Baswedan. Elektabilitas para Capres papan tengah dan papan bawah cenderung stagnant. Namun sisa waktu 14 bulan sebelum pelaksanaan Pemilu 2024, masih memungkinkan terjadi kejutan dibuat oleh bakal capres papan tengah.

Salah satu tokoh yang berpotensi mejadi ‘kuda hitam’ adalah Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko.

Baca Juga: Aktivitas Perdagangan di Astana Anyar Belum Normal 100 Persen Pasca Serangan Bom

Demikian kesimpulan hasil riset terbaru yang dilakukan Lembaga Klimatologi Politik (LKP) pada tanggal 17 sampai dengan 29 November 2022 di 34 (tiga puluh empat) provinsi yang ada di seluruh Indonesia.

Populasi survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau belum 17 tahun tapi sudah menikah. Total sampel sebesar 1200 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multi-state random sampling). Batas kesalahan (margin of error)+/- 2,83 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan responden, dilaksanakan oleh tenaga terlatih dengan pedoman kuesioner. Survei LKP kali ini juga dilengkapi dengan riset kualitatif, khususnya guna menilai tingkat kelayakan seorang tokoh untuk menjadi seorang capres sekaligus calon pemimpin nasional.

Ketika LKP menanyakan kepada responden, siapakah yang akan dipilih jika pemilihan presiden (Pilpres) dilaksanakan saat ini, nama Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo paling banyak disebut.

Baca Juga: Banjir Terjang Kertasari, Sejumlah Motor Terbawa Arus Banjir

Selisih keterpilihan (elektabilitas) ketiga tokoh itu juga sangat tipis (masih jauh di bawah margin of error). Sebanyak 24,2 persen responden mengaku akan memilih Prabowo, lalu 23,7 persen menyebut nama Ganjar Pranowo, dan 22,9 persen menjatuhkan pilihan pada Anies Baswedan.

Secara metodologi sulit untuk menyimpulkan siapa yang menempati ranking tertinggi dalam survei LKP kali ini.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x