SALAH, Jenderal Soeharto Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional oleh Jokowi

- 8 November 2022, 15:30 WIB
Tangkapan layar narasi yang menyatakan Jenderal Soeharto dianugerahi gelar pahlawan nasional (Facebook)
Tangkapan layar narasi yang menyatakan Jenderal Soeharto dianugerahi gelar pahlawan nasional (Facebook) /


PRFMNEWS - Beredar sebuah kabar di media sosial, Presiden ke-2 RI Jenderal Soeharto yang disebut-sebut mendapat gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam postingan yang beredar itu, terlihat juga foto ilustrasi Jenderal Soeharto yang disandingkan dengan berita penganugerahan Pahlawan Nasional kepada Soeharto.

Sang pengunggah, dalam narasinya, menyebutkan Jenderal TNI Soeharto termasuk satu di antara lima tokoh nasional yang diberikan gelar pahlawan oleh Kepala Negara pada 2022.

Baca Juga: 5 Tokoh Berjasa ini Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi, Salah satunya dari Jabar

"Terimakasih Kepada Presiden RI Joko Widodo, Atas Nama Bangsa Dan Negara Memberikan Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Kepeda Alm Jenderal TNI Soeharto Presiden RI Ke - 2. Semoga Pak Soeharto Ditempatkan Disisi Yg Mulia Oleh Tuhan Yg Maha Kuasa Atas Jasa2 nya Kepada Bangsa Dan Negara," tulis sang pengunggah dalam narasinya.

Namun ternyata informasi tersebut tidak benar alias HOAX. Nama Soeharto yang dianugerahi Pahlawan Nasional oleh Jokowi pada Senin 7 November 2022 bukanlah Presiden ke-2 RI.

Melainkan, Dr. dr. H.R. Soeharto asal Jawa Tengah, yang merupakan mantan dokter pribadi Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Baca Juga: Ridwan Kamil Bangga Ada Lagi Tokoh dari Jabar yang Dianugerahi Pahlawan Nasional

H.R. Soeharto dinilai telah berjuang bersama Presiden Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan RI serta berperan aktif mengisi masa kemerdekaan lewat pembangunan sejumlah infrastruktur di Tanah Air.

H.R. Soeharto juga tercatat ikut dalam pembangunan pasar swalayan syariah, pembangunan Monumen Nasional, Masjid Istiqlal dan pembangunan Rumah Sakit Jakarta.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x