Pimpinan DPR Sebut Pembukaan Kembali Sekolah Saat Pandemi Masih Berisiko

- 17 Juni 2020, 18:26 WIB
Ilustrasi siswa, pelajar, sekolah.*
Ilustrasi siswa, pelajar, sekolah.* /ANTARA

PRFMNEWS – Pemerintah menggulirkan rencana pembukaan tahun ajaran baru dan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah. Meskipun, pandemi virus Corona di Indonesia hingga saat ini belum melandai.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad menilai pembukaan kembali sekolah saat pandemi Covid-19 masih berisiko.

Baca Juga: Penyedia Jasa Harap Pemkot Bandung Beri Kelonggaran Kegiatan Resepsi Pernikahan

Walaupun sekolah berada di zona hijau, namun menurut Dasco, banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang, diantaranya kesiapan infrastruktur penunjang, penerapan protokol kesehatan dan sumber dayanya.

"Menurut saya, masih terlalu berisiko untuk membuka kembali sekolah walaupun ada di zona hijau, karena bagaimanapun anak-anak sekolah ini sangat rentan,” kata Dasco kepada awak media di selasar Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Rabu (17/6/2020).

Baca Juga: Buka Kemungkinan Izinkan Resepsi Pernikahan, Yana: Harus Terapkan Protokol Kesehatan

Dikutip PRFMNews.id dari laman resmi DPR RI, Dasco menuturkan, anak-anak sekolah masih rentan dihadapkan situasi pandemi Covid-19.

Tak ada yang menjamin murid dapat diawasi dan dihindarkan dari penularan Covid-19. Karena itu, ia menyarankan KBM tetap digelar secara daring. Hal ini, lanjutnya, untuk kepentingan keselamatan bersama.

“Dengan anggaran yang terbatas di masing-masing sekolah untuk penyiapan infrastruktur dan lain-lain, karena itu menurut saya (penyelenggaraan KBM) tetap harus ditunda dulu. Izin dari orang tua memang diperlukan, tetapi ketika murid di lingkungan sekolah itu kan sudah bukan tanggung jawab orang tua. Jadi, jangan kita terlalu spekulasi untuk anak sekolah, saya sarankan ditunda dulu,” pesan legislator dapil Banten III itu.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: DPR


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x