JANGAN Instal Aplikasi di Playstore Ini, Bisa Curi Data dan Akun Sosmed Kamu Lewat HP

- 20 Agustus 2022, 10:00 WIB
Hati-hati aplikasi ini bisa curi data kita lewat HP
Hati-hati aplikasi ini bisa curi data kita lewat HP /Instagram CCIC Polri

PRFMNEWS - Jangan install beberapa aplikasi yang ada di Play Store berikut ini karena bisa curi sosmed kamu hingga lakukan pembayaran otomatis.

Baru-baru ini akun Instagram Direktrorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri @ccicpolri memposting informasi penting terkait beberapa aplikasi di Play Store yang bisa mencuri akun sosmed hingga melakukan pembayaran otomatis.

“Waspada dengan banyaknya aplikasi yang disusupi malware berbahaya yang beredar di Play Store. Tak hanya mencuri akun sosmed, malware ini bisa membuat pengguna berlangganan pembayaran otomatis,” tulis keterangan tersebut seperti dikutip prfmnews.id melalui akun Instagram ccicpolri pada Sabtu, 20 Agustus 2022.

Beberapa aplikasi yang beredar di Play Store dikabarkan mengandung virus seperti malware Joker, Facestealer, dan Coper melalui pasar virtual.

Pelaku kejahatan telah berulang kali menemukan cara untuk menyelinap melewati sistem keamanan Google.

Malware Joker ini merupakan salah satu golongan fleeceware. Yang mana adalah sejenis malware pada aplikasi seluler yang hadir dengan biaya berlangganan berlebihan dan tersembunyi.

Malware Joker ini berfungsi untuk membuat pengguna berlangganan layanan berbayar yang tidak diinginkan atau melakukan panggilan ke nomor premium, sambil mengumpulkan SMS, daftar kontak, dan informasi perangkat.

Bahkan tidak hanya itu saja, pelaku kejahatan juga mengincar kredensial penting yang dimiliki korban.

Aplikasi yang disusupi malware joker ini biasanya berbentuk atau menyamar sebagai aplikasi SMS, editor foto, monitor tekanan darah, keyboard emoji, dan aplikasi terjemahan yang setelahnya meminta izin yang lebih tinggi untuk perangkat menjalankan operasinya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x