Menag: Persiapkan Haji Tahun Depan Sejak Dini

- 12 Juli 2022, 21:05 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas  bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Rabiah, di Mina, kemarin.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Rabiah, di Mina, kemarin. /M.Arief Gunawan/PR

PRFMNEWS - Persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun mendatang bisa dilakukan sejak dini. Selain itu, pemenuhan semua fasilitas yang sudah tertera dalam kontrak bagi jemaah agar bisa diimplementasikan secara optimal.

Kedua poin itu menjadi hal yang ditegaskan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat evaluasi penyelenggaraan puncak haji Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) di Kantor Daker Mekah, Senin 11 Juli 2022 malam Waktu Arab Saudi.

Hadir seluruh delegasi Amirul Hajj, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah selaku Penanggung Jawab Hilman Latief, Wakil Penanggung Jawab Nizar, para Pengendali Teknis, Ketua dan Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, para Kepala Daerah Kerja dan Kepala Bidang, serta para Wakil Kepala Satuan Operaisional Armuzna.

Baca Juga: Menag Yaqut: Rayakan Idul Adha dengan Gembira

Yaqut bersyukur proses penyelenggaraan ibadah haji hingga fase Armuzna berjalan lancar. Dia mengapresiasi kinerja petugas dan meminta hal itu dipertahankan sampai akhir penyelenggaraan ibadah haji.

"Siapkan penyelenggaraan haji 1444 H sejak awal,” kata Yaqut.

Yaqut mengaku sudah mencatat sejumlah perbaikan yang perlu dilakukan di masa yang akan datang. Dia juga sudah menyampaikan sejumlah masukan perbaikan saat bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al-Rabiah.

Baca Juga: Kunjungi Vatikan, Menag Yaqut Sampaikan 4 Hal ini Saat Bertemu Paus Fransiskus

“Kami berdua sepakat untuk meningkatkan kualitas layanan haji yang tahun ini sudah berjalan baik dan akan terus memperbaiki sejumlah kekurangan yang ada. Menteri Haji Arab Saudi komitmen untuk merespons masukan kita dan karenanya perlu pembicaraan lebih awal terkait dengan ibadah haji tahun depan,” tutur Yaqut.

Dia menekankan pentingnya mengupayakan pemenuhan semua fasilitas yang sudah tertera dalam kontrak agar bisa diimplementasikan secara optimal. Tahun mendatang, mitigasi setiap potensi persoalan, terutama di Arafah dan Mina, perlu dirumuskan secara lebih detail dan operasional.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x