Penyebar HOAKS Manipulasi Judul Berita Pikiran Rakyat Terkait Pernyataan Menag Yaqut Cholil Qoumas

- 9 Mei 2022, 09:50 WIB
Beredar kabar hoaks yang mengklaim Menag minta dana haji dipakai untuk pembangunan IKN.
Beredar kabar hoaks yang mengklaim Menag minta dana haji dipakai untuk pembangunan IKN. /


PRFMNEWS - Media Pikiran Rakyat menjadi korban pihak tak bertanggungjawab yang telah menyebarkan hoaks dengan memanipulasi judul dari artikel yang telah diterbitkan Pikiran-Rakyat.com.

Bahkan bukan hanya Pikiran Rakyat, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga jadi korban hoaks karena pemberitaan palsu itu berkaitan dengan dirinya.

Diketahui, beredar sebuah tangkapan layar di media sosial dengan judul artikel "Menag minta masyarakat iklaskan Dana Haji dipakai Pemerintah untuk IKN".

Baca Juga: Label Halal MUI Tidak Akan Berlaku Lagi, Menag Yaqut: Sertifikasi Halal Oleh Pemerintah Bukan Ormas

Judul pada tangkapan layar yang beredar tersebut tampaknya sudah dimanipulasi dari judul artikel asli yang diterbitkan Pikiran-Rakyat.com pada 5 Mei 2022.

Padahal judul artikel asli yang diterbitkan Pikiran Rakyat adalah "Menag Yaqut Cholil Qoumas Diminta Turun dari Jabatannya, Buntut Ucapan Selamat Lebaran".

Terlebih lagi dalam artikel asli yang dimuat Pikiran Rakyat pun tidak membahas pernyataan yang menyinggung soal dana haji, apalagi dikaitkan dengan pembangunan IKN Nusantara.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sebut Jadwal Masuk Sekolah Usai Libur Lebaran 2022 Jadi 12 Mei Hadirkan 3 Keuntungan

Artikel asli hanya membahas terkait pernyataan Menag Yaqut Cholil Qoumas yang menyampaikan permintaan maafnya di tengah perayaan Idul Fitri 2022.

Kementerian Keagamaan (Kemenag) telah mengeluarkan pernyataan, bahwa kabar yang mengklaim Menag Yaqut Cholil Qoumas meminta dana haji untuk membangun IKN Nusantara tidaklah benar.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x