Gus Yaqut Sebut Menteri Agama Harus Beragama Islam, Begini Alasannya

- 3 November 2021, 13:40 WIB
Gus Yaqut ungkap ke Deddy Corbuzier mengapa Menteri Agama dari Islam, karena sejarah dan mayoritas di Indonesia agamanya Islam
Gus Yaqut ungkap ke Deddy Corbuzier mengapa Menteri Agama dari Islam, karena sejarah dan mayoritas di Indonesia agamanya Islam /YouTube/Deddy Corbuzier

PRFMNEWS - Posisi Menteri Agama di Indonesia selalu diisi oleh tokoh-tokoh islam, hal ini kerap menjadi perdebatan, karena agama yang diakui di Indonesia tidak hanya Islam.

Soal ini, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut menjelaskan alasannya dalam sebuah perbincangan di Podcast Channel Youtube Deddy Corbuzier, Selasa 2 November 2021.

Gus Yaqut menegaskan bahwa Menteri agama memang harus dari latar belakang agama Islam. Bahkan menurut sejarah, Kemenag ini dahulunya merupakan jawatan agama Islam.

Baca Juga: Resmi! Jenderal Andika Perkasa Jadi Calon Tunggal Panglima TNI Gantikan Hadi Tjahjanto

“Kalo melihat sejarah, ya harus Islam,” tutur Gus Yaqut. Karena asal muasal dari Kementerian Agama ini Jawatan Agama yang memang mengurusi Islam,” kata Gus Yaqut

Untuk itu, seharusnya Menteri agama ini milik agama Islam, akan tetapi atas kebesaran hari umat Islam maka Kementerian Agama ini dibuka untuk seluruh agama yang ada dan diakui di Indonesia.

Menurut Gus Yaqut karena memang umat Islam di Indonesia bagian dari mayoritas. Maka sudah sepatutnya jika agama Islam itu melindungi yang kecil.

Baca Juga: Ada La Nina, BNPB Minta Semua Waspada Banjir dan Longsor

Lalu saat ditanya Deddy Corbuzier soal pendapat bagaimana kalau Menteri Agama dari agama yang lain, misalkan Hindu.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x