Tes Keperawanan Calon Prajurit TNI Wanita Dihapuskan

- 13 April 2022, 15:45 WIB
Ilustrasi tes masuk TNI Wanita alias Kowad
Ilustrasi tes masuk TNI Wanita alias Kowad /Twitter @bukitbarisan_1


PRFMNEWS - Tes keperawanan untuk calon prajurit TNI wanita, kini sudah dihapuskan dan tak ada lagi dalam rangkaian seleksi penerimaan calon prajurit.

Dianggap sudah tak relevan, tes keperawanan untuk wanita yang ini menjadi anggota TNI resmi dihapus dalam tes seleksi penerimaan.

Dihapusnya tes keperawanan, disampaikan langsung oleh Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI, Mayjen TNI Budiman, yang mengatakan semua matra sudah menghapus tes tersebut.

Baca Juga: Begini Aksi Adu Tenaga Dalam Calon Prajurit dengan Anggota TNI Kodam Siliwangi

"(Penghapusan tes keperawanan) sudah efektif (berlaku). Sudah diberlakukan untuk seluruh matra, baik darat, laut maupun udara," kata Budiman, usai Rakor Teknis Kesehatan Tahun 2022 di Mabes TNI, seperti dikutip prfmnews dari Antara, Rabu, 13 April 2022.

Usulan penghapusan ini diinisiasi oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang menilai tes tersebut tak mempengaruhi mereka ketika menjalani pendidikan, pelatihan hingga nanti sampai penugasan.

Baca Juga: Pemuda ini Mendadak Diberhentikan dari Seleksi Calon Prajurit TNI AD, Ternyata Begini Penyebabnya

"Bapak Panglima TNI menghapuskan persyaratan tersebut dalam buku petunjuk teknis pemeriksaan badan calon prajurit TNI," ucap Budiman.

Budiman juga katakan bahwa prinsip Hak Asasi Manusia (HAM) juga menjadi dasar untuk menghapuskan persyaratan tersebut, sehingga wanita yang memang sudah tak perawan baik sengaja ataupun tidak, memiliki hak yang sama.

Baca Juga: Peringati HUT TNI AU ke-76 Para Prajurit Lakukan Ziarah untuk Menghormati Jasa Pahlawan

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x