Arab Saudi Izinkan 1 Juta Jemaah Ibadah Haji, Menag: Calhaj Indonesia Berangkat Tahun ini

- 10 April 2022, 17:00 WIB
Ilustrasi umrah atau haji.
Ilustrasi umrah atau haji. / PRFM

PRFMNEWS - Kerajaan Arab Saudi resmi mengumumkan penyelenggaraan haji 2022 atau 1443 H dengan total 1 juta Jemaah pada Sabtu, 9 April 2022. Pengumuman izin tersebut diterbitkan melalui surat Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi.

Terkait otoritas Arab Saudi mengizinkan 1 juta jemaah untuk beribadah haji tahun 2022 ini, disambut positif Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan rasa syukur atas adanya kepastian keberangkatan jemaah calon haji (calhaj) Indonesia tahun ini.

"Syukur alhamdulillah, jemaah haji Indonesia bisa berangkat tahun ini. Ini kabar yang sangat ditunggu jemaah haji di tanah air," katanya, dikutip prfmnews.id dari siaran pers tertulisnya pada Minggu, 10 April 2022.

Baca Juga: Christiano Ronaldo Minta Maaf Usai Insiden dengan Fans Everton, Tawarkan Nonton ke Old Trafford

Menag menambahkan, batalnya pemberangkatan jemaah haji Indonesia dalam dua tahun terakhir telah menyebabkan kerinduan mendalam jemaah Indonesia untuk ke Tanah Suci.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kerajaan Saudi yang memberi kesempatan tahun ini bagi jemaah Indonesia untuk memenuhi panggilan beribadah haji," tuturnya.

Sementara terkait kuota Jemaah calon haji yang akan berangkat masih menunggu pengumuman selanjutnya dari Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi.

Namun Menag menegaskan, berapapun kuota yang diberikan, Indonesia siap menyelenggarakan haji. Sebab, persiapan dengan berbagai skenario pemberangkatan telah dilakukan selama ini.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x