Dimulai Tahun ini, Tahap 1 Pembangunan IKN Nusantara Terbagi Menjadi 3 Alur Besar

- 21 Februari 2022, 11:00 WIB
Kekhususan Ibu Kota Nusantara IKN di Kalimantan
Kekhususan Ibu Kota Nusantara IKN di Kalimantan /Jurnal Ngawi/Gambar Ibu Kota Negara Indonesia

PRFMNEWS - Ada tiga alur kerja besar yang masuk dalam rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tahap pertama (tahap 1) yang dilakukan pada periode 2022-2024.

Tiga alur kerja besar rencana pembangunan IKN Nusantara tahap 1 itu terbagi atas pembangunan perkotaan, pembangunan infrastruktur, dan pembangunan ekonomi, seperti dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA pada Minggu, 20 Februari 2022.

Rencana pemindahan IKN Nusantara tersebut resmi dijalankan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (UU IKN) pada Selasa, 15 Februari 2022 lalu.

Pembangunan tahap awal dilakukan mulai 2022-2023 di sebagian Kawasan Induk Pusat Pemerintahan (KIPP).

Baca Juga: Viral Aksi Pengeroyokan Sekelompok Remaja Berujung Pemukulan terhadap Pelanggan Restoran di Padalarang

Baca Juga: Bak Sinetron, Pasutri Cekcok hingga Adu Jotos saat Istri Pergoki Suami Gandeng dan Lebih Pilih Wanita Lain

Pada tahap awal ini, fokus membangun perumahan untuk ASN, TNI, Polri dan BIN, baik berbentuk rumah tapak maupun unit apartemen, sarana peribadatan, pasar, serta fasilitas akomodasi makan minum.

Lalu, awal tahun 2023, awal tahun 2024, hingga tahun 2025 dan selanjutnya, akan mulai dilakukan pembangunan fasilitas penelitian dan pengembangan, perguruan tinggi kelas dunia, lembaga pendidikan sepanjang hayat, pusat inovasi, fasilitas kesehatan, dan rumah sakit internasional.

Relokasi penduduk akan dilakukan di tahun 2023, dimulai dengan TNI, Polri, dan BIN. Sedangkan di tahun selanjutnya yakni awal 2021, relokasi representasi badan eksekutif, legislatif, yudikatif, serta ASN akan dilakukan.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah