Satelit LAPAN-A2 Potret Gunung Anak Krakatau Pasca Erupsi

- 11 April 2020, 21:00 WIB
Citra Gunung Anak Krakatau pasca erupsi pada Sabtu (11/4/2020) pukul 10.00 WIB.
Citra Gunung Anak Krakatau pasca erupsi pada Sabtu (11/4/2020) pukul 10.00 WIB. /Dok LAPAN.


BANDUNG, (PRFM) - Satelit karya anak bangsa LAPAN-A2/LAPAN-ORARI berhasil memotret citra Gunung Anak Krakatau pasca erupsi pada Sabtu (11/4/2020) pukul 10.00 WIB.

Citra ini diambil dari ketinggian 630 km di atas permukaan bumi. Terlihat kepulan asap putih membungbung tinggi dari puncak Gunung Anak Krakatau.

Misi pemantauan Gunung Anak Krakatau melalui satelit LAPAN dilakukan di Mission Control Center, Pusat Teknologi Satelit – Bogor. Misi ini merupakan bentuk respon Pusteksat LAPAN terhadap tanggap bencana.

Baca Juga: [HOAKS] Indonesia Telah Mulai Produksi Obat COVID-19

“Meskipun sedang ada Covid-19, pelayanan tetap harus prima dengan protokol ketat,” tutur Kepala Bidang Diseminasi Pusteksat, Wahyudi Hasbi dalam keterangan resmi LAPAN yang diterima redaksi PRFM, Sabtu (11/4/2020).

Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin melalui Kepala Pusteksat, Mujtahid mengapresiasi respon tanggap bencana yang dilakukan Pusteksat. Ia berterimakasih kepada operator yang tetap bertugas di tengah pandemi COVID-19.

Baca Juga: Provokasi Aksi Kriminal, Percakapan Grup WhatsApp Driver Ojek Online Dikecam Netizen

“Ucapan terimakasih dari Pak Kepala saya teruskan khususnya kepada teman-teman operasi yang bertugas hari ini,” tuturnya.

Seperti diketahui, Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi pada Jumat malam (10/4/2020) kemarin. Melansir pernyataan PVMBG, tingkat aktivitas gunung yang terletak di Selat Sunda itu berada pada level II atau waspada.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x