Kemenhub Akan Bangun Sistem Transportasi Cerdas, Terintegrasi, dan Ramah Lingkungan di IKN

- 31 Januari 2022, 10:20 WIB
Kemenhub akan menyiapkan sistem transportasi cerdas, terintegrasi, dan ramah lingkungan di IKN.
Kemenhub akan menyiapkan sistem transportasi cerdas, terintegrasi, dan ramah lingkungan di IKN. /Instagram/Jokowi

PRFMNEWS - Seiring dengan akan pindahnya ibukota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga menyiapkan sistem transportasi di Ibu Kota Negara (IKN) di sebagian Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

Kemenhub akan membangun istem transportasi yang cerdas, terintegrasi, dan ramah lingkungan, sebagai bentuk dukungan sektor transportasi di IKN.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, pihaknya telah menyampaikan kebutuhan penambahan anggaran untuk persiapan dan pembangunan sektor transportasi IKN tahun 2022 kepada Menteri Keuangan dan Menteri PPN/Kepala Bappenas.

“Total kebutuhan pendanaannya mencapai Rp. 582, 6 Miliar untuk tahun 2022,” jelas Budi beberapa waktu lalu dikutip prfmnews.id dari laman resmi Kemenhub hari ini Senin, 31 Januari 2022.

Baca Juga: Cetak Gol Penting di Laga Debut, Kakang Rudianto Bersyukur

Dalam pembangunan sistem transportasi yang cerdas, terintegrasi, dan ramah lingkungan di IKN, Kemenhub tidak hanya mengandalkan anggaran dari negara karena terbatasnya ruang fiskal pendanaan oleh APBN.

Budi menjelaskan, pemerintah memberikan kesempatan kepada pihak swasta/badan usaha dan masyarakat, untuk turut berperan membangun sektor transportasi IKN melalui skema Pembiayaan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Disebutkan Budi, Presiden Joko Widodo ingin IKN dibangun segaian kota baru yang cerdas, kompetitif di tingkat global, sebagai transformasi menuju negara yang berbasis inovasi, teknologi, dan ekonomi hijau.

Baca Juga: Kronologis Aksi Perampok Todongkan Senjata di Taman Kopo Indah Bandung, Warga Dibuat Lari Berhamburan

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Dephub


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah