Ini Alasan Jokowi Kasih Nama Ibu Kota Negara Baru 'Nusantara'

- 19 Januari 2022, 07:55 WIB
Desain Istana Negara karya Nyoman Nuarta di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Katanegara Kalimantan Timur
Desain Istana Negara karya Nyoman Nuarta di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Katanegara Kalimantan Timur /Foto : Instagram @nyoman_nuarta/

PRFMNEWS – Presiden Jokowi telah meresmikan nama untuk Ibu Kota Negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Nama Ibu Kota Indonesia yang baru itu adalah "Nusantara".

Peresmian nama Nusantara tersebut dilaksanakan pada 14 Januari 2022, sedangkan peresmian Ibu Kota Negara Baru akan dilaksanakan pada 2024.

Baca Juga: Kabar Terkini Ibu Kota Baru di Penajam Paser Utara, Rp510 Miliar Digelontorkan untuk Pembangunan Tahap 1

Nama Nusantara dipilih karena dinilai telah dikenal sejak dulu ikonik di International. Nusantara juga dinilai menggambar wilayah geografis yang maritim, serta kemajemukan geografis yang melandasi beragam budaya etnis.

“Nusantara itu sebuah konsep kesatuan yang bersedia mengakomodasi kemajemukan itu dan Ibu Kota Indonesia dengan nama itu mengungkapkan realitas tadi,” tutur Suharso Monoarfa Kepala Bappenas dikutip prfmnews.id dari keterangan Kantor Staf Presiden RI.

Baca Juga: Desain Istana Negara IKN Karya Nyoman Nuarta Disetujui Presiden, Begini Penampakannya

Baca Juga: Kabar Terkini Ibu Kota Baru di Penajam Paser Utara, Rp510 Miliar Digelontorkan untuk Pembangunan Tahap 1

Pemindahan ibu kota akan dilaksanakan pada semester 1 Tahun 2024, berdasarkan Pasal 3 Ayat 2 UU IKN yang berbunyi sebagai berikut, Pemindahan status Ibu Kota Negara dari Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta ke Provinsi [Kalimantan...] dilakukan pada semester I tahun 2024.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x