Budi Dalton Geram Arteria Dahlan yang Rasis kepada Kejati Pakai Bahasa Sunda, Begini Kritikannya

- 18 Januari 2022, 16:07 WIB
Budayawan Sunda Budi Dalton Tanggapi Ucapan Rasis Arteria Dahlan / kolase foto/ Humas Polda Kalbar/ Dok Pikiran Rakyat/ARIF HIDAYAH/
Budayawan Sunda Budi Dalton Tanggapi Ucapan Rasis Arteria Dahlan / kolase foto/ Humas Polda Kalbar/ Dok Pikiran Rakyat/ARIF HIDAYAH/ /


PRFMNEWS - Budayawan, Budi Dalton buka suara terkait anggota DPR RI Arteria Dahlan yang minta seorang Kajati bicara bahasa Sunda dicopot dari jabatannya.

Budi Dalton menyerukan ‘urang Sunda hudang euy’ kepada warga Sunda agar melirik pernyataan tersebut.

Menurutnya, pernyataan Arteria Dahlan itu sungguh membuat geger masyarakat Sunda, pasalnya anggota Komisi III DPR RI itu meminta agar Kejaksaan Agung memecat Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) karena sempat menggunakan bahasa Sunda dalam rapat.

Baca Juga: Meski Berat, Arteria Dahlan Mengaku Maafkan Sikap Anggiat yang Marahi Ibunya di Bandara Soekarno Hatta

Sungguh pernyataan yang tidak patut dicontoh, mengingat dapat mengakibatkan perpecahan bahkan sangat menyinggung warga Sunda.

"Percuma rakyat telah menggemborkan toleransi jika wakil rakyatnya tidak sejalan dengan apa yang diinginkan rakyat," kata Budi Dalton dikutip dari akun instagram @artgram, Selasa 18 Januari 2022.

Selain itu, Budi Dalton juga mengatakan bahwa kenapa harus bahasa daerah yang dikritik, padahal di dalam rapat juga banyak yang memakai bahasa Inggris.

Baca Juga: Ibu Arteria Dahlan Bersikap Lapang Memaafkan, Anggiat: Saya Ngaku, Saya Bersalah

Sangat tidak baik jika seorang Warga Negara Indonesia tidak mencintai bahasanya, terutama bahasa daerah.

“Lagipula didalam sebuah rapat itu juga banyak yang memakai istilah dalam bahasa Inggris atau bahasa daerah yang lainnya," ucapnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x