Raja Belanda Sampaikan Permohonan Maaf kepada Indonesia

- 10 Maret 2020, 18:15 WIB
Raja Belanda Willem Alexander di Istana Kepresidenan RI di Bogor, Selasa (10/3/2020)
Raja Belanda Willem Alexander di Istana Kepresidenan RI di Bogor, Selasa (10/3/2020) /Dok Seskab

BANDUNG, (PRFM) - Raja Belanda Willem Alexander dengan didampingi Ratu Belanda Maxima Zorroguieta Cerruti menyampaikan penyesalan dan permohonaan maaf kepada Indonesia atas kekerasan yang dilakukan bangsa Belanda pada masa penjajahan.

"Selaras dengan pernyataan pemerintahan saya sebelumnya, saya ingin menyampaikan penyesaslan saya dan permohonan maaf untuk kekerasan yang berlebihan dari pihak Belanda di tahun-tahun tersebut," kata Raja Belanda Willem Alexander dalam pernyataan pers bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan RI di Bogor, Selasa (10/3/2020).

Selain itu, Raja Belanda Willem Alexander turut memohon maaf atas kekerasan yang terjadi setelah proklamasi Indonesia.

Baca Juga: Lancar Hingga Pekan Kedua, Ketum PSSI Apresiasi Suporter Liga Indonesia

”Di tahun-tahun setelah diumumkannya Proklamasi, terjadi sebuah perpisahan yang menyakitkan dan mengakibatkan banyak korban jiwa. Selaras dengan pernyataan pemerintahan saya sebelumnya, saya ingin menyampaikan penyesalan saya dan permohonan maaf untuk kekerasan yang berlebihan dari pihak Belanda di tahun-tahun tersebut,” ujarnya.

”Merupakan tanda yang sangat menjanjikan bahwa dua negara yang pernah berada di pihak yang berlawanan dapat menjalin hubungan yang semakin erat dan mengembangkan sebuah hubungan baru berdasarkan rasa hormat, saling percaya dan persahabatan. Ikatan di antara kita semakin erat dan beragam. Ini sungguh menggembirakan saya,” urai Raja Willem.

Seperti yang tercatat dalam buku sejarah Indonesia, Belanda sempat menjajah wilayah Indonesia selama lebih dari 350 tahun. Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, masih terjadi peperangan dengan pihak Belanda dalam momen yang umum disebut sebagai Agresi Militer I dan II.

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Sekretariat Kabinet


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x