UMKM Bambu Sukses Tembus Pasar Ekspor, Hadir di UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021

- 8 Januari 2022, 11:25 WIB
Bamboo Arum Straw
Bamboo Arum Straw /dok PT Arum Jaya Perdana via PT Bank Rakyat Indonesia


PRFMNEWS - Produk UMKM olahan bambu ini berhasil menembus pasar ekspor dengan pendapatan mencapai puluhan juta rupiah perbulannya.

Adalah brand Bamboo Arum Straw yang diusung oleh PT Arum Jaya Perdana asal Banyuwangi, Jawa Timur.

Sang Founder, Mistianingrum mengungkapkan, Bamboo Arum Straw sendiri sudah diekspor sejak 2018. Namun, pada saat itu ekspor masih dilakukan oleh pihak lain alias vendor.

Baca Juga: BRI Terapkan Prinsip ESG untuk Teruskan Pertumbuhan Bisnis Berkelanjutan

Dari situ, ia pun menyadari bahwa produknya sudah layak dan memenuhi kriteria ekspor. Kemudian pada 2020, Mistianingrum memutuskan untuk membangun badan usaha dan menjual brand sendiri untuk ekspor. Produk bamboo straw dan bamboo painting ini sudah diekspor ke Inggris, Amerika, Belgia, Italia, dan Albania.

Terkait pendapatan, penjualan domestik pada saat kondisi normal mencapai sebesar Rp20 juta - Rp30 juta per bulan. Namun, pada saat pandemi, omzetnya menurun hingga 75% karena kegiatan pariwisata tidak berjalan.

Beruntung, Bamboo Arum Straw pada tahun 2020 mendapat tambahan modal saat mengikuti event UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020.

Baca Juga: BRI Berikan Fasilitas Pembiayaan dan Transaksi Wholesale kepada PT TPIA Senilai USD 325 Juta

"Saya semakin dipercaya oleh banyak pihak untuk melakukan kerja sama. Bagi saya, Brilianpreneur adalah langkah awal untuk bisa go global," kata Mistianingrum.

Pada tahun ini pun, BRI kembali menyelenggarakan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x