Mulai tahun 2020, BPS Lakukan Sensus Penduduk Online

- 10 Februari 2020, 12:57 WIB
Ilustrasi Penduduk
Ilustrasi Penduduk /PRFM/

Mulai tahun 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) segera melakukan sensus penduduk secara nasional. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS) BPS Jawa Barat, Jaih Ibrohim saat on air di PRFM, Senin (10/2/2020).

Jaih menyampaikan, akan ada dua tahap dalam proses sensus penduduk tahun 2020. Pertama, sensus penduduk secara online, dimana pengisian data-data bisa dilakukan oleh masyarakat dimana saja dan kapan saja. Pelaksanaan sensus penduduk online akan dimulai sejak tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

Selanjutnya untuk tahap kedua, bagi masyarakat yang tidak melakukan sensus penduduk secara online, akan dikunjungi oleh petugas untuk diwawancara. Pelaksanaanya akan dimulai pada bulan Juli mendatang.

"Prinsip utamanya, seluruh wilayah sangat disarankan untuk melakukan sensus penduduk secara online. Tapi jika ada yang tidak bisa melakukan scara online karena berbagai kondisi, tetap akan terdata melalui petugas kami yang datang door to door," kata Jaih menjelaskan.

Mengenai prosdur pendaftaran online, Jaih memaparkan, warga hanya perlu menyiapkan NIK dan Nomor KK. Selanjutnya, warga bisa mengisi data-data melalui laman sensus.bps.go.id. Namun untuk saat ini pendaftaran belum bisa dilakukan. Pendaftaran baru bisa dilakukan sejak tangga 15 Februari Mendatang.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x