Terbaru, Penularan Omicron di Indonesia Menjadi 19 Kasus

- 25 Desember 2021, 07:45 WIB
Ilustrasi varian Omicron. Indonesia catat 19 kasus penularan Omicron.
Ilustrasi varian Omicron. Indonesia catat 19 kasus penularan Omicron. /Pixabay/

PRFMNEWS - Kementerian Kesehatan mencatat penambahan 11 kasus baru Covid-19 varian Omicron di Indonesia. Sehingga totalnya menjadi 19 kasus Omicron per Jumat 24 Desember 2021.

Penambahan 11 kasus baru itu diketahui merupakan kasus impor yang berasal dari pelaku perjalanan internasional.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmidzi menyebutkan, negara yang baru dikunjungi kesebelas pasien itu adalah Turki, Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi.

Baca Juga: Gempar Korea Selatan Pada 'Titik Kritis' Pandemi Paling Mematikan saat Omicron Membayangi

"Ke-11 kasus konfirmasi baru Omicron merupakan Imported Case, berasal dari pelaku perjalanan internasional yang baru kembali dari Turki, Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi. Saat ini semuanya menjalani karantina di Jakarta," ujar Nadia dalam keterangan resminya.

Menurutnya, temuan kasus Omicron di pintu negara menunjukkan hasil penguatan Surveilans dan peningkatan pemeriksaan Whole Genome Sequencing terutama bagi pasien dari pelaku perjalanan yang terkonfirmasi positif, sehingga langkah penanganan dapat dilakukan dengan cepat.

Nadia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan penyebaran Omicron yang sangat cepat, menunda perjalanan ke Luar Negeri, dan disiplin menjalankan protokol kesehatan, serta segera mengikuti vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Kedatangan Luar Negeri Meningkat di Tengah Penularan Omicron, Pemerintah Minta Masyarakat Lakukan Hal ini

Baca Juga: Naik 8 Kali Lipat dalam Sepekan, Jumlah Negara Terinfeksi Omicron Bertambah

“Kesadaran diri untuk tidak bepergian terlebih dahulu harus dilakukan. Apalagi di tengah suasana libur Natal dan Tahun Baru ini penting bagi kita untuk saling menjaga satu sama lain,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x