Luhut Pastikan 3 WNA di Manado Tidak Terinfeksi Varian Omicron

- 21 Desember 2021, 07:55 WIB
Ilustrasi Omicron
Ilustrasi Omicron /alarabiya.net


PRFMNEWS – Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memastikan bahwa tiga warga negara asing (WNA) asal Tiongkok di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), tidak terpapar Omicron.

Tiga WNA asal Tiongkok di Manado tersebut dinyatakan tidak terpapar Omicron sesuai hasil tes genome sequencing terhadap sampel spesimen PCR mereka di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) RI.

Hal tersebut disampaikan Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi pers virtual di kanal YouTube Sekretariat Presiden, pada Senin, 20 Desember 2021.

Baca Juga: Luhut: Masa Karantina Dipertimbangkan Jadi 14 Hari

“Saya konfirmasi yang kasus (probable) di Manado tidak Omicron, jadi yang Omicron hanya ada di Wisma Atlet. Jadi hanya ada satu tempat yang ada Omicron yakni di Wisma Atlet,” kata Luhut.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap 5 kasus probable (dicurigai sebagai suspek Omicron) terdeteksi pada dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru pulang dari Amerika Serikat dan Inggris, serta tiga Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok.

Baca Juga: Kasus Pertama Omicron Masuk Indonesia Diduga Sejak 27 November, Kemenkes: Pentingnya Karantina

Baca Juga: Terungkap! Kemenkes Sebut Omicron Pertama di Indonesia Diduga Berasal dari WNI yang Baru Kembali dari Nigeria

Sampel spesimen PCR lima pasien tersebut kemudian dikirim ke Balitbangkes untuk dilakukan tes genome sequencing, memastikan apakah mereka positif terinfeksi Omicron atau tidak.

Kini, dua WNI tersebut menjalani isolasi di Wisma Atlet Kemayoran dan tiga WNA juga diisolasi di fasilitas karantina di Manado.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah