Begini Kronologi Temuan Pertama 1 Pasien Terdeteksi Positif Omicron yang Disebut Tak Bergejala

- 16 Desember 2021, 13:45 WIB
Menkes Budi Gunadi  saat memaparkan temuan kasus pertama varian Omicron di Indonesia/
Menkes Budi Gunadi saat memaparkan temuan kasus pertama varian Omicron di Indonesia/ /tangkapan layar Youtube Kementerian Kesehatan RI

PRFMNEWS – Kronologi temuan pertama satu pasien terdeteksi positif Covid-19 varian Omicron di Wisma Atlet disampaikan langsung Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat konferensi pers virtual, pada hari ini Kamis, 16 Desember 2021.

Kronologi awal satu pasien terdeteksi positif Omicron dan disebut tak bergejala itu menimpa seorang petugas kebersihan di RS Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet.

"Kementerian Kesehatan tadi malam mendeteksi ada seorang pasien inisial N terkonfirmasi Omicron pada 15 Desember 2021, data-data sudah kami konfirmasi" kata Budi hari ini.

Baca Juga: Waspada! Modus Baru Curanmor Nitip Undangan, Begini Kronologinya

Baca Juga: Viral Video Perlihatkan Mobil Polisi Lewati Korban Kecelakaan

Lebih lanjut Budi menjelaskan kronologi temuan kasus Omicron pertama di Indonesia yang menimpa petugas kebersihan tersebut.

Pada 8 Desember 2021 lalu, seluruh pegawai di RSDC Wisma Atlet termasuk para petugas kebersihan dilakukan swab tes PCR berkala.

Berdasarkan hasil PCR itu, diketahui ada 3 petugas kebersihan terkonfirmasi positif Covid-19. Sampel spesimen ketiga orang ini kemudian dibawa ke Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemenkes pada 10 Desember 2021 untuk dilakukan pemeriksaan whole genome sequencing (WGS).

Baca Juga: Covid-19 Omicron Ditemukan di Indonesia

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x