Tak Hanya Warga, Posko Penanganan Bencana Erupsi Semeru Juga Layani Hewan, Jamin Pakan dan Kesehatan

- 13 Desember 2021, 19:35 WIB
Pantauan udara lokasi awan panas guguran Gunung Semeru.
Pantauan udara lokasi awan panas guguran Gunung Semeru. /BNPB

 

PRFMNEWS – Tak hanya warga terdampak, Posko Penanganan Bencana Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru juga memberikan pelayanan dasar kepada hewan yang juga menjadi korban keganasan Semeru.

Pemberian pelayanan kepada hewan tersebut dilakukan khususnya untuk ternak yang dimiliki warga selama masa tanggap darurat.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, pelayanan kepada hewan meliputi pemberian pakan dan pelayanan kesehatan (keswan).

Baca Juga: Viral! Pasca Erupsi Semeru Malah Dijadikan Tempat Selfie, Khofifah: Aksi Tidak Patut Dicontoh

Bentuk pelayanan kepada hewan tersebut dipusatkan di tiga pos di bawah koordinasi Dinas Peternakan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ketiga pos tersebut berada di Desa Sumberwuluh, Sumbermujur dan Supiturang.

“Pada Minggu 12 Desember 2021, pos pakan ternak dan pelayanan keswan di Sumberwuluh melakukan pengobatan sapi milik warga sebanyak 2 ekor dan kambing 3 ekor," kata Abdul Muhari.***

Untuk ketersediaan pakan di pos tersebut, telah disediakan Hijauan Makanan Ternak (HMT) atau rumput segar untuk sapi dan kambing sebanyak 17 ton.

Baca Juga: Ikuti Arahan Presiden, Menteri BUMN Siapkan Beasiswa untuk Anak Korban Erupsi Semeru

Sementara pos pakan ternak dan keswan di Sumbermujur sudah melayani pengobatan sapi penderita luka bakar dua ekor, kucing radang kaki satu ekor dan pengecekan kucing enam ekor.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x