Aturan PPKM Level 3 Resmi Dibatalkan, Luhut Beri Penjelasan: Indonesia Lebih Siap pada Nataru Kali Ini

- 7 Desember 2021, 15:39 WIB
Jelang Nataru PPKM Level 3 Dibatalkan di Seluruh Indonesia. Kebijakan inj diumumkan oleh Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan
Jelang Nataru PPKM Level 3 Dibatalkan di Seluruh Indonesia. Kebijakan inj diumumkan oleh Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan /Dok Mario Marlon Instagram.com/Dok Mario Marlon

PRFMNEWS - Pemerintah Indonesia memutuskan untuk tidak akan menerapkan PPKM level 3 pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada semua wilayah.

Perbaikan penanganan Pandemi Covid-19 juga terlihat dari tren perubahan level PPKM kabupaten kota di Jawa Bali.

Penerapan level PPKM selama Nataru akan tetap mengikuti situasi pandemi sesuai yg berlaku saat ini, serta tetap dibarengi dengan beberapa pengetatan.

Baca Juga: Hubungan Amerika dan China Memanas, Kini Amerika Berencana Boikot Olimpiade Musim Dingin Beijing

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, Indonesia saat ini lebih siap dalam mengahadapi momen Nataru kali ini. Karena telah melalui penguatan 3T (testing, tracing dan treatment) serta percepatan vaksinasi dalam 1 bulan terakhir ini.

Namun tetap yang jadi poin adalah testing dan tracing, dikarenakan masih pada posisi nilai tertinggi dengan kasus lebih rendah dan lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Syarat perjalanan akan tetap diperketat, terutama di perbatasan untuk penumpang dari luar negeri," kata Menko Marves Luhut seperti dikutip prfmnews.id dari laman resmi maritim.go.id pada Selasa, 7 Desember 2021.

Meski demikian, Menko Marves Luhut menekankan bahwa semua pihak perlu meningkatkan kewaspadaan terutama mengingat munculnya varian baru Omicron yang sudah dikonfirmasi di beberapa negara.

"Kebijakan PPKM di masa Nataru (Natal dan Tahun Baru) akan dibuat lebih seimbang dengan disertai aktivitas testing dan tracing yang tetap digencarkan,” terangnya. 

Baca Juga: Pengakuan Haru Netizen Tonton Video Evakuasi Hewan Ternak yang Hampir Terkubur Lahar Semeru

Penyebaran Varian Omicron di berbagai negara dunia terindikasi lebih cepat dan meningkatkan kemungkinan reinfeksi.

Namun temuan awal tingkat keparahan dan kematian akibat varian Omicron relatif terkendali, meski pun masih butuh waktu dan tambahan data untuk mendapatkan informasi yang lebih valid.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x