Apa Tes PCR Bisa Deteksi Omicron dan Gimana Efektivitas Vaksin pada Varian Ini? Begini Kata Dokter

- 1 Desember 2021, 06:55 WIB
Sejumlah Warga Negara Asing berjalan di area kedatangan internasional setibanya di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin 29 November 2021. Pemerintah memberlakukan larangan WNA dari Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, Malawi, Angola, Zambia dan Hongkong untuk masuk ke Indonesia guna mencegah masuknya varian Covid-19 B.1.1.529 atau Omicron.
Sejumlah Warga Negara Asing berjalan di area kedatangan internasional setibanya di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin 29 November 2021. Pemerintah memberlakukan larangan WNA dari Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, Malawi, Angola, Zambia dan Hongkong untuk masuk ke Indonesia guna mencegah masuknya varian Covid-19 B.1.1.529 atau Omicron. /Antara/Fauzan/

PRFMNEWS - Beragam pertanyaan bermunculan dari publik menyusul pengumuman dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) soal ditemukannya varian corona baru Omicron.

Pertanyaan itu antara lain mengarah pada deteksi Omicron melalui tes PCR, efektivitas vaksin Covid-19 terhadap varian baru itu, dan masih banyak lainnya.

Baru-baru ini, dokter Adam Prabata coba merangkum pertanyaan publik soal berbagai isu di balik varian Omicron. Jawaban tersebut ia unggah dalam akun Twitter @AdamPrabata, pada Senin 29 November 2021.

Baca Juga: Viral, Banjir di Daerah Ini Airnya Sangat Jernih, Warga Sampai Betah

1. Soal tes PCR mampu deteksi varian Omicron

Adam menyebutkan bahwa varian Omicron bisa terdeteksi lewat tes PCR. Namun ia mengaku jika alat tes lain termasuk antigen masih belum jelas efektivitasnya dalam mendeteksi varian Omicron.

“Bisa, jangan takut kalau PCR nggak bisa deteksi varian ini ya,” tulis Adam.

 

2. Soal efektivitas vaksin Covid-19 membentuk antibodi melawan varian Omicron

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x