IDC 2021 Jabar, Ridwan Kamil: Berkat Digitalisasi Orang Desa Bisa Miliki Bisnis Mendunia

- 16 November 2021, 12:34 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam Indonesia Digital Conference (IDC) 2021 yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Jawa Barat, dengan tema "Percepatan Ekonomi Desa dengan Digitalisasi", Selasa 16 November 2021.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam Indonesia Digital Conference (IDC) 2021 yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Jawa Barat, dengan tema "Percepatan Ekonomi Desa dengan Digitalisasi", Selasa 16 November 2021. /

PRFMNEWS - Seiring berjalannya waktu, digitalisasi terus diperluas bahkan hingga tingkat pedesaan di Jawa Barat.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, berkat digitalisasi kini orang yang tinggal di desa bisa miliki rejeki kota dan bisnisnya mendunia.

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil ini, kini banyak petani, peternak, dan UMKM di desa-desa yang penghasilannya naik lebih dari 200 persen setelah mengubah cara pengelolaannya dengan sentuhan digital.

"Digital itu tidak hanya untuk aplikasi atau jualan, tapi juga untuk kerja. Misalnya, kasih ikan dengan HP, penyiraman tanaman pakai HP, dan hasilnya meningkat 300 persen. Dengan demikian, digitalisasi bisa membangun ekonomi masyarakat lebih baik," jelas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam Indonesia Digital Conference (IDC) 2021 yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Jawa Barat, dengan tema "Percepatan Ekonomi Desa dengan Digitalisasi", Selasa 16 November 2021.

Baca Juga: Unboxing Hadiah dari Para Fans Indonesia, Anders Antonsen: Sangat Luar Biasa

Kang Emil menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat ingin memberikan solusi permasalahan di tengah masyarakat melalui aplikasi atau memanfaatkan teknologi digital.

Maka selama lima tahun menjadi guberur Jawa Barat, dia telah membuat roadmap digitalisasi desa.

Jawa Barat dengan jumlah penduduk 49,9 juta, sebanyak 72 persennya tinggal di pedesaan.

Jumlah desa di Jawa Barat sebanyak 5.312 desa dan tersisa 23 desa yang belum bisa mengakses internet.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x