Kemendikbud Tetapkan Mendoan, Warung HIK sampai Dandangan Kudus Sebagai Warisan Budaya Takbenda

- 2 November 2021, 11:11 WIB
Kemendikbud Tetapkan 51 Budaya Jateng Sebagai Warisan Budaya Takbenda, Ada Mendoan Hingga Warung HIK Solo
Kemendikbud Tetapkan 51 Budaya Jateng Sebagai Warisan Budaya Takbenda, Ada Mendoan Hingga Warung HIK Solo /DOk Humas Prov Jateng

PRFMNEWS - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan 51 budaya asal Jawa Tengah sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb)

Adapun beberapa hal asli Jawa Tengah yang dijadikan Warisan Budaya Takbenda tak hanya tarian atau pertujunkan tapi termasuk makanan seperti Timlo, Mendoan, Nopia, Sate Kere dan warung HIK Solo juga mendapatkan predikat tersebut.

Kabid Pembinaan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng Eris Yunianto mengatakan, penetapan itu dilakukan pada akhir Oktober 2021. Jawa Tengah sendiri mengajukan 52 calon WBTb, namun hanya 51 yang ditetapkan menjadi warisan budaya takbenda tingkat nasional.

Baca Juga: Kota Bandung Mulai Ujicoba SIAK Terpusat, Diharapkan Tak Ada Lagi Kendala NIK Tak Aktif dan Masalah Lainnya

Ia menyebut, sebelum dikukuhkan sebagai WBTb, puluhan budaya tersebut telah melalui berbagai tahapan. Selain berpatokan pada naskah akademik atau dokumentasi, namun pelaku kebudayaan tersebut pun turut bertutur.

"Warisan yang ada di Jateng. Bisa dalam bentuk tradisi, ritus, seni pertunjukan yang sampai saat ini masih dilaksanakan sebagai bagian dari kekayaan budaya di Jawa Tengah," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima prfmnews.id hari ini Selasa, 2 November 2021.

Ia menyebut, dengan predikat WBTb yang disandang, maka pemerintah dan pelaku kebudayaan wajib melakukan konservasi dan pemeliharaan. Tujuannya, agar kebudayaan atau tradisi yang dilakukan terus lestari dan berkembang. Jika tidak, status tersebut bisa saja dianulir.

Itu sesuai dengan Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2017 dan Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan tersebut.

Baca Juga: 5 Wakil Indonesia Akan Bertanding di Hari Pertama Hylo Open 2021 Hari ini

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x