Pernah Jadi Toko Bunga dan Hotel, Ini Sejarah Singkat Gedung Museum Sumpah Pemuda di Jakarta

- 27 Oktober 2021, 11:23 WIB
Rumah Sie Kong Lian di Jalan Kramat Raya 106, kini mejadi Museum Sumpah Pemuda. (Inzet : Sie Kong Lian/Roemah Boedaya Surabaya/YouTube
Rumah Sie Kong Lian di Jalan Kramat Raya 106, kini mejadi Museum Sumpah Pemuda. (Inzet : Sie Kong Lian/Roemah Boedaya Surabaya/YouTube /Dok/Sudin Pusar Jakpus

PRFMNEWS – 28 Oktober 1928 menjadi tanggal bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada tanggal itu, para pemuda Indonesia dipersatukan di bawah satu napas cinta tanah air.

Hingga kini, setiap tanggal 28 Oktober, bangsa Indonesia memperingatinya sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Proses lahirnya hari bersejarah Sumpah Pemuda itu dapat Anda ketahui lebih lengkap saat mengunjungi Museum Sumpah Pemuda di Jalan Kramat Raya Nomor 106, Jakarta Pusat.

Di museum itu tersimpan benda-benda koleksi yang menjadi saksi sejarah panjang kemerdekaan Indonesia, salah satunya adalah momen Hari Sumpah Pemuda.

Baca Juga: Sejarah Singkat Lahirnya Hari Sumpah Pemuda dan Teks Sumpah Pemuda 28 Oktober

Museum Sumpah Pemuda awalnya adalah sebuah rumah tinggal berarsitektur Belanda milik Sie Kong Liang. Sejak 1908 menjadi sebuah gedung untuk pelajar Stovia (Sekolah Kedokteran), waktu itu masih bernama Gedung Kramat.

Tempat ini juga sempat disewakan untuk rumah tinggal pelajar (indekost) dan tempat berkumpul mereka yang dikenal dengan Commensalen Huis.

Beberapa pelajar yang tinggal di rumah tersebut (Gedung Kramat) adalah Sugondo Djojopoespito (Ketua Kongres Pemuda II), Muhammad Yamin (perumus naskah atau ikrar Sumpah Pemuda) dan Partai Komunis Indonesia, Amir Syarifuddin (Bendahara Kongres Pemuda II).

Baca Juga: Tinggal Klik! Ini 13 Link Twibbon Hari Sumpah Pemuda 2021 yang Keren untuk Posting di Media Sosial

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x