BRI Bersama BP Tapera Komitmen Wujudkan Pembiayaan Rumah Murah

- 2 Oktober 2021, 10:43 WIB
Forum diskusi “Ekosistem Pembiayaan Perumahan Menjadi Solusi atas Isu dan Tantangan Perumahan Nasional”, Selasa 28 September 2021, di Jakarta.
Forum diskusi “Ekosistem Pembiayaan Perumahan Menjadi Solusi atas Isu dan Tantangan Perumahan Nasional”, Selasa 28 September 2021, di Jakarta. /dok BRI


PRFMNEWS - Kementerian PUPR mencatat sebanyak 74 persen masyarakat Indonesia saat ini tidak memiliki rumah, rincinya 32 persen di antaranya masih menyewa dan 42 persen menumpang.

Harga rumah yang melambung tinggi menjadi tantangan sekaligus permasalahan yang harus dihadapi saat ini.

Maka dari itu, BRI bersama Kementerian PUPR, Kemenkeu, dan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) berkomitmen bersama untuk mewujudkan pembiayaan rumah murah.

Baca Juga: BRI Konsisten Jaga Keamanan Data Nasabah dengan Standard Internasional

Hal ini pun dibahas lebih dalam melalui diskusi secara daring, bertema “Ekosistem Pembiayaan Perumahan Menjadi Solusi atas Isu dan Tantangan Perumahan Nasional”, Selasa 28 September 2021, di Jakarta.

“Lebih dari 32% menyewa dan 42% menumpang, tantangan perumahan saat ini yang harus dihadapi oleh pemerintah adalah tersedianya rumah untuk semua golongan masyarakat, industrialisasi konstruksi, rumah murah yang mampu menekan biaya konstruksi, dan tersedianya rumah layak huni dengan lingkungan hijau, serta akses pembiayaan perumahan terhadap masyarakat non fixed income dan pembiayaan mikro perumahan,” ujar Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna.

Meresponnya, Direktur Konsumer BRI, Handayani mengungkapkan, BRI telah mendorong pembiayaan perumahan murah bagi rakyat untuk dapat mengakses pembelian rumah murah yang layak huni di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Catatkan Sejarah UMKM Indonesia, BRI Resmi Menjadi Induk Holding BUMN Ultra Mikro

Sebanyak 19.298 dikatakannya telah merasakan manfaat dari pembiayaan KPR subsidi dari BRI.

“Hingga akhir Agustus 2021 lalu, BRI telah menyalurkan pembiayaan KPR subsidi, kepada lebih dari 19.298 nasabah. Hal ini, dilakukan untuk terus mendukung program pemerintah, agar masyarakat dapat mengakses pembiayaan rumah murah, layak, aman, dan nyaman,” ucap Handayani.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah