Wamenkes Minta Pemerintah Daerah Dorong Percepatan Vaksinasi bagi Masyarakat Rentan dan Lansia

- 2 September 2021, 14:45 WIB
Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono./setkab.go.id/
Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono./setkab.go.id/ /


PRFMNEWS - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono meminta pemerintah daerah dan dinas kesehatan untuk terus mendorong percepatan vaksinasi bagi kelompok masyarakat rentan, terutama kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) dan masyarakat yang memiliki penyakit penyerta.

Vaksin kepada kelompok masyarakat ini diharapkan dapat menekan tingkat kematian atau fatality rate.

“Kelompok lansia dan mereka yang memiliki penyakit penyerta ini menjadi sangat penting sekali, karena kematian yang ada di rumah sakit sebagian besar lebih dari 50 persen merupakan mereka dengan komorbiditas,” ujar Wamenkes dalam keterangannya, Kamis 2 September 2021.

Baca Juga: Hari Ini, Vaksin Pfizer Kembali Tiba di Indonesia Sebanyak 1,2 Juta Dosis

Dante mengungkapkan, jumlah lansia yang telah menerima vaksin masih sangat rendah. Untuk itu, ia mengajak semua pihak untuk mendorong peningkatan cakupan vaksinasi bagi kelompok ini.

“Mari kita terus dukung percepatan vaksinasi bagi lansia, kita daftarkan, antar, dan temani orang tua, saudara, bahkan tetangga kita yang berusia lansia agar dapat mengikuti program vaksinasi demi kesehatan dan keselamatan mereka,” ajaknya.

Dante juga mengungkapkan bahwa sejumlah indikator menunjukkan perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia yang semakin membaik.

Baca Juga: Warga KBB Inisiatif Gelar Vaksinasi Gandeng Pihak Ketiga, Gara-gara Tak Ada Kejelasan dari Pemerintah

Baca Juga: Ada Perubahan Jadwal Ganji Genap 5 Gerbang Tol Kota Bandung, Polisi Sebut Durasi Lebih Panjang

Namun, ia mengingatkan semua pihak untuk tetap waspada dan tidak lengah karena pandemi belum berakhir. Lonjakan kasus juga masih terjadi di sejumlah negara di dunia termasuk yang telah memiliki capaian vaksinasi di atas 50 persen.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x