Kemenkes Sebut Masyarakat Boleh Pakai Vaksin Nusantara Buatan Terawan

- 26 Agustus 2021, 12:53 WIB
Ilustrasi vaksin Corona
Ilustrasi vaksin Corona /PEXELS/Artem Podrez

PRFMNEWS - Ramai percakapan para pejabat negara yang bocor dan mengaku sudah disuntik vaksin booster kepada Presiden Jokowi. Vaksin Nusantara juga ikut disebut dan diminati para pejabat negara.

Seperti diketahui, Vaksin Nusantara buatan mantan Menkes Terawan Agus Putranto itu saat ini belum mendapat izin penggunaan oleh BPOM. Pasalnya belum melengkapi sejumlah persyaratan yang diminta seperti uji klinis tahap 3.

Namun Kementerian Kesehatan menyatakan masyarakat tetap bisa memakai Vaksin Nusantara, tapi atas dasar keinginan pribadi.

Baca Juga: Bocor Pejabat Ngaku Sudah Vaksin Booster ke Presiden, Mardani: Memalukan!

"Sambil menunggu proses uji klinis ini, Vaksin Nusantara bisa diakses masyarakat berdasarkan pelayanan," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI, dr Siti Nadia Tarmizi saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Rabu 25 Agustus 2021.

Siti mengungkapkan, saat seseorang menginginkan Vaksin Nusantara, nantinya ia akan diberikan penjelasan terkait manfaat hingga efek sampingnya oleh pengembang vaksin. Kemudian jika pasien tersebut setuju maka Vaksin Nusantara akan diberikan.

"Jadi bisa dapat vaksin untuk kemudian dilakukan penjelasan, disampaikan manfaat dan efek sampingnya atas persetujuan pasien tersebut maka Vaksin Nusantara bisa digunakan," paparnya.

Baca Juga: Kemenkes Belum Bisa Pastikan Data Pejabat yang Dapat Suntikan Vaksin Booster

Kendati demikian, Siti tidak mengungkapkan di mana masyarakat bisa mengakses permintaan mendapat Vaksin Nusantara.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x