Antibodi Vaksin Sinovac Berkurang Setelah 6 Bulan, Diperlukan Dosis ke-3? Ini Penjelasan Dokter

- 29 Juli 2021, 14:32 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19.
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. /Humas kota Bandung


PRFMNEWS - Belakangan ini ramai beredar kabar bahwa kadar antibodi dari vaksin Covid-19 Sinovac akan menurun setelah enam bulan.

Kabar ini juga dibarengi dengan pertanyaan apakah diperlukan suntikan vaksin Sinovac dosis ketiga kepada masyarakat.

Menanggapinya, Kandidat PhD Ilmu Kedokteran asal Indonesia di Universitas Kobe, dr. Adam Prabata membenarkan bahwa kadar antibodi yang terbentuk dari vaksin Sinovac akan mengalami penurunan pada enam hingga delapan bulan setelah suntikan.

Baca Juga: Ini Kata Ahli Virologi Soal Pemberian Dosis Ketiga Vaksin Covid-19

"Benar, kadar antibodi vaksin Sinovac pada 6-8 bulan setelah suntikan vaksin kedua ditemukan mengalami penurunan. Penurunnya bahkan di bawah batas hasil tes antibodi dinyatakan positif," ujar Adam dalam postingan instagramnya @adampbrata, Rabu 28 Juli 2021.

Dalam postingan itu ia memaparkan secara ilmiah dari hasil studi yang menunjukkan adanya pengurangan antibodi pada tubuh setelah 6 bulan disuntik vaksin Sinovac.

Diperlihatkan juga perbandingannya, kadar antibodi seseorang pasca 28 hari suntikan dosis ke-2 menunjukkan angka 39,6 - 49,1.

Baca Juga: Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Apresiasi Pemkab Garut Percepat Vaksinasi

Sementara kadar antibodi setelah enam bulan turun menjadi 6,7.

Ia lantas membenarkan juga bahwa suntikan dosis ketiga akan meningkatkan lagi kadar antibodi bahkan hingga tiga kali lipat.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X