Di Iduladha Tahun ini Kemendagri Sebar 182 Ekor Hewan Kurban

- 22 Juli 2021, 07:18 WIB
Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Zudan Arif Fakrulloh selaku Ketua Badan Pengurus Masjid An-Nuur Kemendagri
Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Zudan Arif Fakrulloh selaku Ketua Badan Pengurus Masjid An-Nuur Kemendagri /Puspen Kemendagri


PRFMNEWS - Di hari raya iduladha ini, Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) akan menyalurkan 182 hewan kurban terdiri dari 90 ekor sapi, 91 ekor kambing, dan seekor kerbau.

Nantinya 24 ekor hewan kurban bakal disembelih di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan dagingnya bakal diberikan kepada lebih dari 2.500 mustahik yang berada di lingkungan Kemendagri.

Sementara sisanya sebanyak 158 hewan kurban yang terdiri dari 68 ekor sapi, 89 ekor kambing, dan seekor kerbau diserahkan langsung kepada lembaga dan yayasan yang telah ditunjuk oleh Kemendagri.

Baca Juga: Kemendagri Minta Pemda Ciptakan Budaya Inovasi dan Lakukan Upgrade dan Update Inovasi Daerah

Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Zudan Arif Fakrulloh selaku Ketua Badan Pengurus Masjid An-Nuur Kemendagri mengimbau agar setiap kegiatan pemotongan hewan kurban harus menaati protokol kesehatan. Hal ini sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

“Pelaksanaan penyembelihan hingga pendistribusian dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan meminimalisir kerumunan,” imbau Zudan saat rapat persiapan penyaluran hewan kurban Idul Adha 1442 Hijriah secara virtual, Rabu (21/7/2021).

Tak hanya itu, peralatan yang digunakan saat penyembelihan juga harus dilakukan sterilisasi terlebih dulu, termasuk dengan kantong daging agar dipastikan kebersihannya. Hal ini juga mengacu kepada Fatwa MUI, bahwa pihak yang terlibat dalam proses penyembelihan saling menjaga jarak fisik dan meminimalisir terjadinya kerumunan.

Baca Juga: Wali Kota Bandung Oded M Danial Inisiasi Gerakan Bandung Berbagi

Kemudian, selama kegiatan penyembelihan berlangsung, pihak pelaksana harus menjaga jarak fisik, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun selama di area penyembelihan, termasuk saat akan mengantarkan daging kepada penerima, dan sebelum pulang ke rumah. Selain itu, pendistribusian daging kurban juga mesti dilakukan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X