DT Peduli Siap Kembali Gelar Qurban Peduli Negeri 2021, Sembelih Hewan Qurban di Aceh Hingga Papua

- 21 Juli 2021, 09:48 WIB
DT Peduli Siap Kembali Gelar Qurban Peduli Negeri 2021, Sebar Daging Qurban Aceh Hingga Papua
DT Peduli Siap Kembali Gelar Qurban Peduli Negeri 2021, Sebar Daging Qurban Aceh Hingga Papua /DT Peduli

PRFMNEWS - Daarut Tauhiid (DT) Peduli kembali melaksanakan program Qurban Peduli Negeri (QPN). Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini penyembelihan hewan kurban dilakukan di dalam hingga luar negeri.

Di dalam negeri, penyembelihan hewan kurban dilakukan dari mulai Aceh hingga Papua, sedangkan di luar negeri penyembelihan dilakukan di Palestina, Somalia, Rohingya, Bangladesh, dan para pengungsi Suriah di Jordania.

Penanggung Jawab Program QPN DT Peduli, Denny Rizky Setiawan, mengungkapkan, DT Peduli telah menetapkan kriteria para penerima manfaat QPN. Kriteria ini, jelas Denny, sudah ditetapkan sejak program tahunan ini dilaksanakan.

Baca Juga: Hari ini Polrestabes Bandung Bagikan 4 Ribu Paket Sembako kepada Masyarakat

“Pertama, masyarakat yang tinggal di wilayah minim hewan kurban baik perkotaan maupun pedesaan. Kedua, daerah pelosok yang jarang tersentuh hewan kurban dan masyarakatnya jarang sekali memakan daging. Ketiga, daerah pascabencana dan daerah konflik. Keempat, daerah rawan pendangkalan akidah. Dan kelima, daerah terluar, terpencil, dan terbelakang,” jelas Denny, Senin (19/7).

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, QPN tahun ini DT Peduli mengusung tema “Qurban Plus Wakaf”. Melalui tema ini, DT Peduli mengajak masyarakat untuk berkurban sekaligus berwakaf.

“Selain memberdayakan peternak-peternak kecil, keistimewaan kurban tahun ini adalah berkurban sekaligus berwakaf. Jadi, dalam satu kali donasi, kita mendapatkan dua kali manfaat, dan manfaatnya juga manfaat amal jariyah,” jelas Denny.

Baca Juga: Protes PPKM Darurat Lewat Kata-kata Jenaka Ala Pemuda Majalaya

Sesuai surat edaran Kementrian Agama RI, penyembelihan akan dilaksanakan serentak dari 11 Dzulhijjah hingga 13 Dzulhijjah. Hal ini dilakukan mengingat masih dalam masa pandemi dan supaya tidak menimbulkan keramaian.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x