IDI Angkat Bicara Soal Heboh Susu Beruang dan Vitamin Penyembuh Covid-19

- 4 Juli 2021, 14:37 WIB
Susu beruang menjadi rebutan masyarakat.
Susu beruang menjadi rebutan masyarakat. /Tiktok/@@sailormoon21/

PRFMNEWS - Ikatan Dokter Indonesia Jawa Barat (IDI Jabar) turut angkat bicara tentang fenomena masyarakat dihebohkan dengan kabar yang menyebut susu beruang dan vitamin merek tertentu bisa menyembuhkan Covid-19.

Ketua IDI Jabar, Eka Muyana menilai, saat ini tidak sedikit masyarakat yang percaya bahwa susu beruang dan vitamin merek tertentu bisa menyebuhkan Covid-19 dengan sangat cepat.

"Hal ini perlu kita luruskan. Perlu kita luruskan agar masyarakat tidak salah mengerti, tidak salah kaprah," katanya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Minggu 4 Juli 2021.

Eka menjelaskan, masyarakat perlu mengetahui bahwa penyakit Covid-19 diakibatkan oleh virus. Secara umum penyakit yang diakibatkan oleh virus itu berhubungan dengan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh.

Baca Juga: Supermarket hingga Apotek di Mall BEC Masih Boleh Buka

Sehingga pada umumnya, lanjut Eka, penyakit akibat virus adalah penyakit yang sebetulnya bisa sembuh dengan sendirinya. Dengan berjalannya ketahanan tubuh yang meningkat.

"Obat-obatan yang sekarang diberikan kepada pasien gejala ringan, umumnya adalah obat-obatan yang bersifat untuk meningkatkan daya tahan tubuh," jelasnya.

Dinyatakan Eka, hingga saat ini belum ada obat spesifik yang tercipta untuk me meyembuhkan Covid-19 dengan cepat.

Baca Juga: Korban Tenggelam di Sungai Citarum Baleendah Ditemukan Tim SAR

Untuk itu ia meminta masyarakat untuk tidak salah kaprah jika mendengar kabar bahwa susu beruang atau vitamin merek tertentu bisa menyembuhkan Covid-19 pada saat ini.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x