Pemerintah Jamin Ketersediaan Bahan Pokok untuk Ramadhan dan Lebaran

- 16 Maret 2021, 11:28 WIB
Sepekan Terakhir, Harga Sejumlah Komoditas Bahan Pokok di Pasar Tradisional Cianjur Alami Kenaikan
Sepekan Terakhir, Harga Sejumlah Komoditas Bahan Pokok di Pasar Tradisional Cianjur Alami Kenaikan /Nabiel Purwanda/Literasi News



PRFMNEWS - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok mencukupi dengan harga terjangkau untuk Ramadhan dan Lebaran 2021.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyebut pihaknya akan menghitung, menganalisis, mengendalikan, dan mengeksekusi rencana guna memastikan suplai cukup. Sehingga, harga bisa diprediksi dan tetap stabil.

“Dari hasil pantauan kami secara nasional, menjelang Ramadhan dan Lebaran tahun ini, ketersediaan serta harga bapok (bahan pokok) terpantau aman dan stabil," ujarnya dikutip prfmnews.id dari laman Kemendag, Selasa 16 Maret 2021.

Baca Juga: Jokowi Tak Berniat Jadi Presiden Tiga Periode, Rizal Ramli: Ra Percaya

Baca Juga: Banyak Anak Kecanduan Gawai, Wagub Jabar Minta Orangtua Ambil Tindakan

"Kementerian Perdagangan telah melakukan koordinasi secara intensif dengan asosiasi produksi, penjual, distribusi, dan seluruh pemangku kepentingan terkait lainnya guna memastikan ketersediaan bapok nasional,” tambahnya. 

Menurut Lutfi, saat ini beberapa komoditas seperti beras dan gula menjadi perhatian pemerintah untuk diantisipasi stabilitas harga dan kecukupan pasokannya.

“Menjelang Ramadhan dan Lebaran, dapat dipastikan harga komoditas tersebut akan stabil. Hal itu disebabkan, pada bulan Maret ini kita akan memasuki masa panen beras," katanya.

"Sedangkan untuk gula, proses impor raw sugar akan masuk dan menambah stok dan gula yang telah digiling akan masuk ke pasar. Dengan begitu, harga gula akan kembali stabil menjadi Rp12.500 per kilogram sesuai harga eceran tertinggi (HET),” sambungnya.

Hal yang sama, lanjut Mendag, juga terjadi pada komoditas cabai merah.

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah

Sumber: Kemendag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x