Tiket Kereta Ekonomi Lebih Murah, Pemerintah Gelontorkan Subsidi KA Rp3,4 Triliun pada Tahun Ini

- 15 Februari 2021, 16:00 WIB
Ilustrasi Kereta Api.*
Ilustrasi Kereta Api.* /PRFM


PRFMNEWS - Kementerian Perhubungan pada tahun 2021 kembali memberikan subsidi tarif untuk tiket kereta api (KA) kelas ekonomi sebesar Rp3,4 triliun. Jumlah ini lebih besar Rp800 miliar dibanding subsidi tahun 2020 yaitu Rp2,6 triliun.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah memberikan subsidi tiket KA ekonomi agar bisa memberikan tarif tiket yang lebih murah.

"Ini merupakan bukti bahwa negara hadir untuk memberikan pelayanan angkutan kereta api yang prima dan konsisten sampai ke pelosok dengan memberikan tarif yang terjangkau," ujar Budi dalam keterangan resminya, Senin 15 Februari 2021.

Baca Juga: Daftar Sanksi yang Menanti Jika Tolak Vaksin Covid-19: Tidak Dapat Bansos

Baca Juga: Hati-Hati! Aksi Penipuan Mengatasnamakan Anggota DPRD Jabar Abdy Yuhana

Ia meminta PT KAI dapat mengelola subsidi yang diberikan pemerintah dengan baik dan profesional agar dampaknya benar-benar dirasakan langsung oleh masyarakat.

Selain itu, moda kereta api menjadi salah satu moda yang diminati seluruh lapisan masyarakat. Mengingat masih dalam masa pandemi, maka ia menginstruksikan agar pelayanan kereta api memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan dengan baik.

Pemberian subsidi ditandai dengan penandatanganan Kontrak Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik atau Public Service Obligation (PSO) Angkutan Penumpang Kereta Api Kelas Ekonomi oleh Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri dan Dirut PT KAI Didiek Hartantyo, yang disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan, di Stasiun Tugu Yogyakarta, Minggu 14 Februari 2021.

Baca Juga: Berlaku Mulai Hari Ini di Stasiun Bandung, Berikut Syarat Agar Bisa Melakukan GeNose Test

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x