Calon Tunggal Kapolri Listyo Sigit Ikut Uji Kelayakan dan Kepatutan dengan DPR Selasa Pekan Depan

- 13 Januari 2021, 16:00 WIB
Calon Kapolri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo (Jaket hitam) saat memberikan keterangan pers. /Foto: Divisi Humas Mabes Polri/

PRFMNEWS – Calon tunggal Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada Selasa 19 Januari 2021.

Sebelum melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan tersebut, Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery menyatakan pihaknya bakal mengawali rangkaian uji tersebut dengan pembuatan makalah pada satu hari sebelumnya.

Dalam uji kelayakan dan pembuatan oleh calon Kapolri itu, Komisi III DPR akan menyelenggarakan Rapat Dengan Pendapat Umum (RPDU) dengan mengundang sejumlah elemen di antaranya Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) pada Kamis 14 Januari 2021.

Baca Juga: Kabareskrim Polri Listyo Sigit Jadi Calon Tunggal Pengganti Idham Azis Sebagai Kapolri

"Hari Senin (18 Januari-red), calon Kapolri akan diundang ke Komisi III DPR untuk membuat makalah selama 1-2 jam, lalu hari Selasa (19 Januari-red) dilakukan uji kelayakan dan kepatutan," kata dia dilansir prfmnews.id dari ANTARA, Rabu 13 Januari 2021.

Menurut dia, RDPU itu bertujuan meminta masukan dari kedua lembaga tersebut terkait calon Kapolri yang telah diajukan Presiden Jokowi kepada DPR untuk dimintai persetujuan.

Herman mengatakan, untuk uji kelayakan calon Kapolri akan dilakukan dengan mekanisme 2x2,5 jam, yang akan dimulai pada Selasa 19 Januari 2021 pukul 10.00 WIB.

Baca Juga: Besok Vaksin Datang, Bupati Bandung Tegaskan Semua Pejabat yang Penuhi Syarat Harus Ikut

"Uji kelayakan akan dimulai pukul 10.00 WIB dengan pola 2x2,5 jam. Jadi pukul 10.00 WIB dimulai sampai 12.30 WIB, dilanjutkan istirahat dan pukul 14.00 WIB dimulai kembali hingga 16.30 WIB," ujarnya.

Halaman:

Editor: Haidar Rais

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X