Pengamat Berharap Kapolri yang Baru Bisa Sering Tampil di Publik

- 9 Januari 2021, 08:00 WIB
Ilustrasi Polri. Belum banyak diketahui orang, ternyata ada sosok senior di tubuh kepolisian yang bisa saja menjadi calon Kepala Polisi RI (Kapolri), menganntikan Idham Azis.
Ilustrasi Polri. Belum banyak diketahui orang, ternyata ada sosok senior di tubuh kepolisian yang bisa saja menjadi calon Kepala Polisi RI (Kapolri), menganntikan Idham Azis. /pikiran-rakyat.com/

PRFMNEWS - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah menyerahkan 5 nama calon Kapolri pengganti Jenderal Polisi Idham Azis ke Presiden Joko Widodo. Perlu diketahui, Kapolri Jenderal Idham Azis sendiri akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021.

Kelima orang calon Kapolri tersebut diantaranya, Wakapolri Komjen Pol Gatot Edy Pramono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafly Amar, Kepala Bareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Agus Andrianto.

Pengamat sekaligus Guru Besar Ilmu Politik dan Keamanan Unpad, Muradi menilai kelima calon kapolri tersebut merupakan sosok yang ideal saat ini.

Baca Juga: Ingat ! Bansos Rp300 Ribu Bisa Cair Jika Anda Sudah Terdaftar di Sini

Baca Juga: Ini 5 Nama Calon Kapolri yang Sudah Disetorkan ke Presiden Jokowi

Menurut Muradi satu hal yang perlu ditekankan dari sosok kapolri baru ini perlu menjadi orang memilki kemampuan berkomunikasi dengan baik.

"Kapolri harus bisa berkomunikasi dengan aktif dengan publik dua arah dan punya visi dengan Presiden," katanya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Sabtu 9 Januari 2021.

Baca Juga: Ini Aturan Perjalanan Darat dengan Kendaraan Pribadi dan Umum Selama PSBB Jawa-Bali

Tidak hanya soal komunikasi, lanjut dia calon kapolri yang baru pun harus memiliki kenyamanan psikologis politik dengan presiden.

Halaman:

Editor: Asep Yusuf Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x