Odading dan Kopi Dalgona Jadi Pencarian Terpopuler Google Sepanjang 2020

- 18 Desember 2020, 20:20 WIB
 Bincang
Bincang /Tangkapan layar


PRFMNEWS - Pandemi yang terjadi pada 2020 mencatat banyak kisah sedih dan kehilangan. Tak dapat dimungkiri, masyarakat dunia seakan terpenjara dengan pandemi ini.

Akan tetapi, di tengah wabah Covid-19 ini banyak hal menarik yang muncul mewarnai tahun 2020.

Di Indonesia, Google mencatat banyak pencarian unik yang dilakukan masyarakat Indonesia sepanjang tahun ini. Virus Corona dan semua yang menyertainya (seperti PSBB dan hand sanitizer) tentu menjadi pertanyaan banyak orang yang diketikkan di Google Search.

Tak sedikit pula yang tiba-tiba mencari sepeda lipat dan kartu prakerja sebagai dampak dari merebaknya pandemi.

Baca Juga: Polisi: Kasus Prostitusi Online yang Menjerat Artis TA adalah Jaringan Nasional

Salah satu yang mencuri perhatian adalah penelusuran pencarian kata odading. Puncak pencarian orang tentang makanan ini terjadi pada pertengahan September 2020.

Odading yang dicari berhubungan dengan video viral "Odading Mang Oleh" yang diunggah Ade Londok dalam sebuah video singkat di akun media sosialnya.

Penyampaian yang lugas, sarkas, lucu, sekaligus provokatif tentang odading dari Ade Londok ini menyita perhatian banyak orang.

Efeknya, Ade Londok menjadi terkenal, dia bahkan tampil sekian kali di televisi, serta lapak odading milik Mang Oleh ramai diminati banyak orang.

Communication Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan mengungkapkan, penelusuran terpopuler tidak hanya pencarian kata kunci yang satu momen saja tapi sepanjang tahun.

Banyak kata kunci yang berhubungan dengan kata odading, seperti resep dan apa itu odading.

"Penelusuran warga net kerap unik, tahun ini sebelum odading, ada kopi dalgona. Odading ini menjadi fenomena yang unik dan menunjukkan kecintaan masyarakat terhadap produk lokal," tutur Feliciana pada bincang "2020 Tahun Odading" di kanal Youtube PRFM dan Pikiran Rakyat, Jumat 18 Desember 2020.

Baca Juga: Jokowi Tegaskan Vaksin Covid-19 Gratis Tak Berkaitan dengan Keanggotaan BPJS

Menurut Feliciana, selain rata-rata penelusuran yang tinggi, dari sisi geografisnya juga merata makanya odading jadi trending. Odading, kata Feliciana, menjadi gebrakan baru penelusuran Google.

Feliciana menyebutkan, 2020 menjadi tahun penuh tantangan dan perubahan. Manusia dari seluruh dunia bertanya-tanya, ada apakah sebenarnya.

Akan tetapi, dari begitu banyak pertanyaan, orang Indonesia mencari arti dan memahami bagaimana cara berdaptasi dan bertahan.

"Seperti Mang Ade Londok yang ingin jadi Youtuber. Di kategori cara, banyak yang mencari bagaimana cara menjadi Youtuber pemula. Selama tiga tahun berturut-turut pencarian menjadi Youtuber sukses dan bagaimana menjadi artis sangat tinggi. Sosok Mang Ade Londok mewakili banyak orang," ucap Feliciana.

Adanya pandemi membuat transisi ke digital makin cepat. Banyak orang yang menelusuri bagaimana cara masuk ke Google Classroom atau bagaimana mendaftar UMKM secara daring.

Baca Juga: Tayang Malam Ini Jumat 18 Desember, Ini Link Live Streaming dan Bocoran Sinetron Ikatan Cinta

Semua memutar otak bagaimana menjadikan kesempatan untuk adaptasi di kebiasaan baru.

"Trending penelusuran tidak bisa diprediksi. Kalau lihat dari tahun ke tahun minat kepada seusatu yang khas Indonesia terus meningkat. Tahun ini makin kreatif karena penuh tantangan. Saya harap, tahun depan akan banyak terobosan baru dari para konten kreator," ujar Feliciana.

Aktor di balik viralnya odading Ade Londok mengaku tidak pernah menyangka video yang diunggahnya akan menjadi viral.

Setelah membuat vlog beberapa tahun belakangan, Ade Londok mengaku tidak pernah merencanakan menjadi artis.

"Yang penting itu konsisten. Saya sudah lama ngevlog, kalau sekarang jadi artis itu bonus. Saya lebih mau disebut Youtuber karena ingin mengembangkan konten yang ada nilai edukasinya. Misalnya cara membuat lagu dan membuat kue," ungkap Ade Londok.

Saat ini bersama Aran Multimedia, Ade Londok sedang menyelesaikan rekaman album musik. Selain itu, dia juga mengajak 10 Youtuber pemula untuk membuat konten.

"Saat ini yang penting terus berkarya. Lewat Youtube saya ingin menyalurkan ide-ide. Untuk para Youtuber pemula, ayo belajar bersama dan terus mengasah potensi," ujar Ade Londok. (Windy Eka Pramudya/"PR")***

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x