Wiku Tegaskan Pilkada 2020 Dianggap Berhasil Jika Tidak Ada Penularan Baru Covid-19

- 8 Desember 2020, 18:24 WIB
Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Prof. Wiku Adisasmito berbicara dalam konferensi  pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis , 29 Oktober 2020.
Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Prof. Wiku Adisasmito berbicara dalam konferensi  pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis , 29 Oktober 2020. /Antara./


PRFMNEWS - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menegaskan, pelaksanaan Pilkada 2020 pada esok hari, 9 Desember 2020 hanya bisa disebut berhasil apabila berlangsung dengan disiplin protokol kesehatan dan tidak ada penularan baru Covid-19.

Hal ini diungkapkan Wiku dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa 8 Desember 2020.

"Pilkada ini hanya dapat dikatakan berhasil apabila penyelenggaraanya berlangsung dengan disiplin protokol kesehatan, sehingga tidak ada penularan kasus Covid-19 baru," ujar Wiku.

Baca Juga: H-1 Pilkada 2020, KPU Jabar Pastikan Logistik Sampai di TPS Hari Ini

Baca Juga: Besok Pilkada, Ridwan Kamil Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan Saat Datang ke TPS

Maka dari itu, keberhasilan Pilkada 2020 ini menjadi tanggung jawab bagi penyelenggara dan seluruh pasangan calon peserta Pilkada untuk memastikan berjalan aman dan lancar di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya, KPU sudah mengeluarkan berbagai peraturan yang menekankan pentingnya protokol kesehatan di seluruh tahapan Pilkada termasuk saat pemungutan suara di TPS. Oleh karenanya aturan tersebut wajib dipatuhi, dan bukan imbauan semata.

"Aturan ini wajib untuk dilakukan bukan imbauan semata, penyelenggara bertanggungjawab mengelola Pilkada dengan disiplin protokol kesehatan selama perhelatan berlangsung," tegasnya.

Wiku kembali menegaskan semua individu wajib memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Begitu pun tim Satgas daerah harus bisa mengawasi dan menindak tegas pelanggar protokol kesehatan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x