Kasus Aktif Indonesia Selisih 15 Persen Dibanding Rata-Rata Dunia

- 2 Desember 2020, 09:35 WIB
Ketua Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito.
Ketua Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito. /Dok BNPB.

PRFMNEWS – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengklaim Indonesia telah mampu mengendalikan kasus positif secara nasional. Berdasarkan data per 30 November 2020, kasus aktif di Indonesia sempat mengalami tren penurunan.

Ia menambahkan, saat ini angka kasus aktif di Indonesia masih berada di bawah rata-rata duni adengan selisih 15 persen lebih.  

"Meski demikian, saat ini angka kasus aktif di Indonesia masih berada dibawah rata-rata dunia dengan selisih sebesar 15,27%. Selain melihat masalah Covid-19 dari tingkat nasional, kita perlu melihat dengan kacamata elang, lebih luas, dan komprehensif yaitu dengan melihat kondisi terkini di negara-negara lainnya," ungkap Wiku saat memberikan keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, sebagaimana juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa 1 Desember 2020.

 

Baca Juga: Kemarin-Kemarin Turun Terus, Harga Emas Hari Ini Tiba-tiba Naik Cukup Tinggi

Menurut Wiku, kasus aktif Indonesia saat ini berada di angka 13,25 persen. Persentase tersebut jauh lebih rendah dibanding negara di Eropa khususnya Belgia dan Prancis.

Kedua negara tersebut diketahui persentase kasus aktifnya sudah melebihi 90%. Bahkan membandingkan dengan negara besar lainnya, dan memiliki kesamaan karakteristik dengan Indonesia, yakni Amerika Serikat berada di kisaran 39,06%.

"Atau (Amerika Serikat) 3 kali lipat dari angka kasus aktif di Indonesia," imbuh Wiku.  

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x