Forum RW Kota Bandung Sebut Sudah Banyak Wilayah yang Lakukan Lockdown

- 3 April 2020, 10:33 WIB
Kondisi jalan Asia Afrika Kota Bandung, Minggu (22/3/2020).** NETIZEN PRFM JOEL BANGSAWAN
Kondisi jalan Asia Afrika Kota Bandung, Minggu (22/3/2020).** NETIZEN PRFM JOEL BANGSAWAN /

BANDUNG, (PRFM) – Wakil Ketua Forum RW Kota Bandung, Marzuki Fazar memaparkan sudah ada banyak RW di Kota Bandung yang berinisiatif melakukan karantina wilayah parsial (lockdown) guna meminimalisir penyebaran virus corona (Covid-19). Ia pun menyebut di setiap wilayah telah menunjukan usaha maksimal agar warganya tetap dalam keadaan sehat.

“Sudah cukup banyak, kebetulan RT dan RW di kota Bandung memiliki whatsapp. Sehingga kami bisa memantau selaku kelembagaan forum RW di Kota Bandung memantau begitu luar biasanya teman teman RT dan RW sudah berusaha semaksimal mungkin untuk pencegahan warganya agar terhindar dari ini,” ujarnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Jumat (3/4/2020).

Marzuki mengatakan, RT dan RW di Kota Bandung pun telah melakukan pendataan dan pencatatan bagi warga yang keluar maupun masuk ke wilayahnya. Sehingga pergerakan warga dapat terus terpantau oleh aparat kewilayahan.

Baca Juga: 50 Ribu Buruh Bakal Demo di DPR RI Pertengahan April Mendatang

“Mereka sudah melakukan karantina, karena ada juga instruksi dari pemerintah agar para RT dan RW itu mendata dan mencatat seluruh warga yang keluar dan masuk. Siapa saja, dari kota mana apakah dari kota zona merah atau bagaimana,” jelasnya.

Di samping itu, upaya preventif dengan imbauan pun telah dilakukan oleh setiap RT maupun RW. Imbauan itu dilakukan agar warga setempat tidak mudik dulu ke kampung halaman masing-masing.

“Oleh karena itu, para RT dan RW berinisiatif secara lingkungan ingin mendata warga dan memberikan informasi untuk jangan mudik dulu dan sampaikan ke keluarganya agar menangguhkan dulu kepulangan mereka,” kata Marzuki.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah