Hujan Deras Guyur KBB Kemarin, 18 Rumah di Gunung Halu Terendam

- 27 Maret 2020, 10:50 WIB
ILUSTRASI Banjir.*
ILUSTRASI Banjir.* /PRFM

BANDUNG, (PRFM) – Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Barat (KBB), Duddy Prabowo mengatakan hujan deras kemarin (27/3/2020) yang mengguyur KBB membuat sedikitnya tiga desa di Gununghalu terendam. Desa tersebut di antaranya, Desa Gununghalu, Desa Sirnajaya dan Desa Bunijaya.

Duddy menyebut, pihaknya mendata terdapat 18 rumah dan kurang lebih seluas 2 hektare persawahan di Gununghalu terendam. Diketahui, air tersebut mulai menggenang pada pukul 18.00 WIB dan 20.00 WIB.

Terkait dengan ketinggian, pihaknya mencatat paling rendah setinggi 1 meter dan paling tinggi berkisar 1,5 meter lebih. Selain itu, akibatnya satu jembatan penghubung antar desa tersebut terputus.

Baca Juga: Bandung Raya Pada Siang dan Sore Hari Berpeluang Hujan Hari Ini

“Terkait dengan bencana banjir yang terjadi di Gunung Halu, hujan deras yang terjadi sejak siang hingga sore hari mengakibatkan meluapnya sungai Cidadap yang ada di kecamatan Gununghalu. Dari luapan ini ada 18 rumah yang terendam tersebar di 3 desa, yakni Desa Gununghalu, Desa Sirnajaya dan Desa Bunijaya,” ujarnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Jumat (27/3/2020).

Menurut Duddy, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Namun, hingga kini pihaknya masih terus melakukan evakuasi terhadap rumah yang terendam dan korban pun dibawa ke rumah saudaranya.

Baca Juga: Jalur Tomo KM 68 Amblas, Kendaraan Roda Empat Dialihkan ke Jalur Lain

“Banjir juga mengakibatkan sebagian area persawahan terendam. Tidak ada korban jiwa pada musibah ini. Kami tim BPBD dibantu juga aparat keliwalayahan, polsek, koramil juga teman-teman relawan juga membantu evakuasi warga masyarakat yang rumahnya terdampak. Sampai hari ini pun kita masih melakukan evakuasi,” jelasn Duddy.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah