PUPR Kerahkan Alat Berat Keruk Sampah dan Lumpur di Jembatan Pangsor

- 1 Maret 2020, 21:40 WIB
Bupati H Dony Ahmad Munir meninjau kondisi Sungai Cimande, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung di Jembatan Pangsor, Minggu (1/3/2020). Sungai Cimande ini kerap meluap dan mengakibatkan banjir karena pedangkalan sungai dan juga sampah yang menumpuk yang menghalangi lajunya air.
Bupati H Dony Ahmad Munir meninjau kondisi Sungai Cimande, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung di Jembatan Pangsor, Minggu (1/3/2020). Sungai Cimande ini kerap meluap dan mengakibatkan banjir karena pedangkalan sungai dan juga sampah yang menumpuk yang menghalangi lajunya air. /Pemkab Sumedang

BANDUNG, (PRFM) – Pemerintah Kabupaten Sumedang meninjau kondisi Sungai Cimande, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung melalui Jembatan Pangsor, Minggu (1/3/2020). Diketahui, Sungai Cimande kerap meluap dan mengakibatkan banjir akibat pendangkalan sungai dan sampah yang menumpuk.

Untuk menanggulangi hal tersebut, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengaku adanya sampah membuat laju air tertahan. Sehingga tidak bisa mengalirkan arus dengan baik. Pemkab juga menyebut pihaknya akan segera mengerahkan alat berat untuk mengeruk sampah dan endapan lumpur di sungai Cimande.

“Kondisi jembatan nya yang pendek, pedangkalan tanah tumpukan sampah yang menggunung," katanya dalam siaran pers, Minggu (1/3/2020).

Baca Juga: Akibat Longsor Jalur Penghubung Antar Kampung Terputus

Bupati mengaku, dirinya langsung menginsturksikan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menurunkan alat berat tersebut.

"Saya instrusikan langsung agar pelaksana Sekdis PUPR agar segera mengkeruk sampah yang ada, supaya aliran air kembali lancar dan tidak menyebabkan banjir,” katanya.

Baca Juga: Road Barrier dan Batu Trotoar Berongga Ditawarkan Sebagai Solusi Kurangi Residu Sampah Plastik

Plt. Sekretaris Dinas PUPR, R. Sonny Nurgahara yang mendampingi bupati mengatakan mengerahkan alat berat untuk mengeruk sampah dan lumpur Sungai Cimande. 

"Insya Allah sore dan malam sekarang akan dilakukan pengerukan,” katanya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah