Berusia 101 Tahun, Dinas Pemadam Kebakaran Dituntut Tingkatkan Profesionalisme

- 1 Maret 2020, 13:03 WIB
PETUGAS pemadam kebakaran melakukan pendinginan saat kebakaran di Pasar Induk Caringin, Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Babakan Ciparay, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung, Sabtu 25 Januari 2020.*
PETUGAS pemadam kebakaran melakukan pendinginan saat kebakaran di Pasar Induk Caringin, Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Babakan Ciparay, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung, Sabtu 25 Januari 2020.* /ARMIN ABDUL JABBAR/PR/

BANDUNG, (PRFM) - Kementerian Dalam Negeri setiap tanggal 1 Maret menyelenggarakan agenda nasional Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Ke-101 Tahun 2020, dipusatkan di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sesuai arahan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Dinas Pemadam kebakaran dituntut meningkatkan profesionalisme dan kinerja di lapangan. Pasalnya Dinas Pemadam Kebakaran merupakan bentuk pelayanan dasar bagi masyarakat.

"Arahan dari Pak Mendagri itu meningkatkan profesionalsime karena menyangkut keselamatan. Pemadam kebakaran harus mementingkan masyarakat di atas kepentingan pribadi," ujar Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Dadang Iriana, saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Minggu (1/3/2020).

Berdasarkan Permendagri sambung Dadang, pada tahun 2021 nanti seluruh SKPD Dinas Pemadam Kebakaran di semua Kabupaten/ Kota di Indonesia akan memiliki nama yang seragam yakni Dinas Kebakaran dan Penyelamatan.

"Sekarang ini kan masih ada yang di bawah Satpol PP. Tapi tahun depan berdasarkan Permendagri jadi Dinas Kebakaran dan Penyelamatan," jelasnya.

Tak hanya itu, pemerintah pusat pun masih mengkaji penambahan personel petugas pemadam kebakaran. Pasalnya di sejumlah daerah masih kekurangan petugas.

"Pak Mendagri menyampaikan pemadam kebakaran ini pelayanan dasar, meski masih terbatas aparaturnya. Setiap daerah sedang dikaji untuk penambahan SDM nya," katanya.

Di hari Peringatan ulang tahun pemadam kebakaran dan penyelamatan yang diselenggarakan di Bantul, Diskar PB sendiri mewakili Kota Bandung untuk ikut dalam kompetisi penanggulangan bencana.

"Yang spesial tahun ini, kami juga ikut kompetisi dari sekian ratus Kabupaten/Kota. Kota bandung hanya masuk 4 besar," tukasnya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah