Tips Merawat Tanaman Hias di yang Disimpan di dalam Ruangan

- 15 Oktober 2020, 14:50 WIB
Tanaman Hias Indoor Monstera.
Tanaman Hias Indoor Monstera. /PEXELS / Huy Phan

PRFMNEWS - Ada beberapa jenis tanaman hias yang dapat ditanam untuk mempercantik halaman rumah atau ruangan. Umumnya tanaman hias sendiri ada yang bersifat indoor dan outdoor.

Ketika kamu menanam tanaman hias yang bersifat indoor, tentu diperlukan perlakuan khusus dalam merawatnya. Sebab jika salah cara merawat, tanaman tidak akan tumbuh subur bahkan bisa mati.

Seperti dikutip dari Master Class, berikut tips merawat tanaman hias di dalam ruangan agar tumbuh subur dan tetap sehat :

Baca Juga: Daftar Harga HP Oppo Terbaru A Series, Reno Series dan Find X2 Series Update Oktober 2020

1. Ketahui Kondisi Tanaman Saat ‘Kehausan’
Kelembapan tanaman harus diperhatikan, ini supaya tanaman dapat terhidrasi dengan baik. Maka dari itu penting untuk mengetahui kondisi tanaman saat kehausan atau perlu disiram. Daun layu bisa menjadi salah satu tanda tanaman butuh disiram.
Ada cara lain untuk mengatahui tanaman kehausan, yakni dengan menusukan lidi atau tusuk gigi ke media tanam. Jika media tanam menempel pada lidi, tanaman tandanya masih cukup air. Jika media tanam tidak menempel, tandanya tanaman kehausan atau butuh disiram.

2. Sedikit Air Lebih Baik Daripada Kelebihan Air
Kadar air yang berlebihan dapat membuat tanaman cepat membusuk. Oleh karena itu sedikit air lebih baik daripada kelebihan air. Biasanya tanaman hias bersifat indoor cukup disiram dua kali dalam seminggu.

Baca Juga: Angelina Jolie Akan Rilis Buku Tentang Hak Anak Bekerja Sama dengan Amnesty International

3. Perhatikan Intensitas Cahaya Alami di Dalam Ruangan
Setiap tanaman tetap membutuhkan cahaya alami yakni cahaya matahari untuk mendukung pertumbuhan dan menjaga kesehatan tanaman. Oleh karena itu oenting untuk memperhatikan intensitas cahaya alami di dalam ruangan.
Untuk membantu dalam mendapatkan akses cahaya alami yang cukup, kamu bisa menjemur atau meletekan tanaman hias di dekat jendela. Namun jika ruangan cukup sulit untuk cahaya masuk, kamu bisa menggunakan bantuan lampu LED atau lampu neon.

4. Pantau dan Sesuaikan Suhu Ruangan
Suhu menjadi faktor pertumbuhan dan kesehatan tanaman. Agar tanaman hias tumbuh subur, sesuaikan suhu ruangan antara 65 dan 75 ° F pada siang hari, dan suhu pada malam hari sekitar 10 derajat lebih dingin.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Master Class


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah