Mengenal Anemia Aplastik, Gangguan Kesehatan yang Mengancam Nyawa

- 10 April 2024, 21:00 WIB
Idap Penyakit Langka Anemia Aplastik, Babe Cabita Buat Wasiat untuk Sang Istri
Idap Penyakit Langka Anemia Aplastik, Babe Cabita Buat Wasiat untuk Sang Istri /Instagram / babecabita

PRFMNEWS - Komika Babe Cabita meninggal dunia pada Selasa 9 April 2024. Sebelum meninggal dunia, Babe Cabita dikabarkan mengidap anemia aplastik.

Apa sebenarnya anemia aplastik? Apa saja penyebab seseorang bisa terkena anemia plastik? Serta apa saja gejala seseorang yang telah terkena anemia aplatik?

Praktisi Kesehatan Masyarakat, dr. Ngabila Salama mengungkapkan, anemia aplastik merupakan kondisi seseorang yang mengalami kegagalan sumsum tulang belakang untuk mereproduksi tiga jenis sel.

Baca Juga: Komedian Babe Cabita Meninggal Dunia

“Ketiga sel itu meliputi sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan keping darah (trombosit),” ujarnya seperti dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Menurut Ngabila, ada beberapa penyebab seseorang terkena anemia aplastik, di antaranya penyakit tersebut bisa didapat dari adanya keturunan genetik atau didapat selama hidup karena penyakit menular atau tidak menular, efek kemoterapi dan radioterapi pada kanker, autoimun, konsumsi obat-obatan atau zat kimia dan infeksi lainnya.

Namun, potensi seseorang terkena anemia aplastik amatlah jarang.

Baca Juga: Babe Cabita Meninggal Dunia Saat Jalani Perawatan di Rumah Sakit

“Kondisi ini sangat jarang, kurang dari 15.000 orang per tahunnya di Indonesia atau lima kasus per 100.000 penduduk sehingga sulit dikenali gejalanya,” ujar Ngabila.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x